Dukung Program Pemberdayaan Masyarakat Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM Gelar “Launching Desa Kreatif dan Workshop Brand Guideline“

Siak, Dalam rangka mendukung Desa Dayun sebagai pilot project sinergi Kementerian ESDM – Kemenparekraf dalam mengoptimalisasi Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) melalui kegiatan ekonomi kreatif untuk mendukung kegiatan operasi migas, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Migas menggelar “Launching Desa Kreatif dan Workshop Brand Guideline”, Siak, Riau (08/11).

Kegiatan “Launching Desa Kreatif dan Workshop Brand Guideline” dibuka bersama oleh Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan secara daring, serta secara luring oleh Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf, Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, Kepala Desa Dayun, Pemerintah Daerah Kecamatan Dayun, serta turut hadir perwakilan dari SKK Migas Sumatera bagian Utara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, General Manager PT Bumi Siak Pusako dan Warga Desa Dayun.

Pada sambutannya, Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan menyampaikan bahwa dalam Program Pengembangan Masyarakat (PPM) kegiatan usaha hulu migas, “Kementerian ESDM melalui Ditjen Migas bersama SKK Migas memberikan berbagai bentuk pengembangan bidang sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lingkungan yang diberikan kepada masyarakat sekitar daerah operasi migas, sebagai tanggung jawab kami dalam menjaga keberlangsungan usaha migas dan lingkungan di sekitar wilayah operasi migas,” ujar Mustafid.

Desa Dayun merupakan salah satu wilayah yang dibina oleh KKKS PT. Bumi Siak Pusako yang merupakan perusahaan umum milik daerah (BUMD) yang mengelola industri hulu dan hilir migas Blok CPP (Coastal Plain Pekanbaru) di bawah pengawasan SKK Migas wilayah Sumbagut. Desa Dayun sebagai sebuah desa wisata di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau memiliki berbagai jenis aktivitas dan wisata yang beragam dari wisata alam, wisata sejarah, budaya, edukasi wisata kuliner dan lainnya.

“Kemenparekraf dan Kementerian ESDM telah sepakat untuk menjadikan Desa Dayun sebagai pilot project sinergi Program PPM Migas dengan Program Pengembangan Desa Kreatif tahun 2023, berdasarkan hasil pemetaan potensi dan pengembangan ekonomi kreatif di Desa Binaan PT Bumi Siak Pusako,” ungkap Mustafid.

Pada akhir sambutan, Direktur Pembinaan Program Migas menyampaikan bahwa Kementerian ESDM sangat berterima kasih atas dukungan dan peran serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang turut menjaga kelangsungan kegiatan operasi migas, melalui program pengembangan masyarakat yang diintegrasikan dengan program–program pemerintah pusat bidang wisata dan ekonomi kreatif.

“Selain itu, kegiatan Launching Desa Kreatif dan Workshop Brand Guideline hari ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para peserta. Dan yang paling utama, semoga kegiatan sinergi bersama hari ini dapat memberikan percepatan peningkatan kesejahteraan warga Desa Dayun,” harap Mustafid.

Kegiatan “Launching Desa Kreatif dan Workshop Brand Guideline”, juga diisi dengan acara penyerahan secara simbolis SK Desa Kreatif Desa Dayun dari Kemenparekraf kepada Desa Dayun, dilanjutkan dengan pemberian materi workshop berupa materi branding desa dan praktek implementasi Brand Guideline Desa Dayun. (AFB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.