Ditjen Migas Gelar Upacara HUT RI ke-78 di Stasiun ESDM-Semarang, Wujud Komitmen Menuju NZE

Semarang, Direktorat Jenderal Migas menyelenggarakan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78  yang mengusung tema “Terus Melaku Untuk Indonesia Maju”, bertempat di Stasiun ESDM – Proyek Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon – Semarang (CISEM) Tahap I (Ruas Semarang-Batang).

Upacara 17 Agustus 2023

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 tersebut dipimpin oleh Pembina Upacara Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji dengan peserta upacara pegawai di lingkungan Ditjen Migas, perwakilan dari PT. Pertamina (Persero), PT. PGN, KSO PP-Elnusa dan PT. Prosys Bangun Persada, Kamis (17/8).

Dalam sambutannya, Dirjen Migas Tutuka Ariadji menyampaikan “tema “Terus Melaku Untuk Indonesia Maju” ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan Pembangunan, berkolaborasi Bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.”

Upaya mewujudkan Indonesia Maju 2045, disektor energi dan sumber daya mineral harus dilaksanakan dengan memastikan pasokan energi yang cukup, hilirisasi industri, aksesibilitas energi di seluruh lapisan masyarakat, dan transformasi energi melalui komitmen serius terhadap tren global penggunaan energi dunia dalam rangka mitigasi gas rumah kaca.

“Komitmen Indonesia menuju net zero emissions tahun 2060 merupakan sebagian transformasi yang diperlukan dalam upaya menjadi negara maju di tahun 2045. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Ditjen Migas telah melaksanakan Pembangunan Pipa CISEM Tahap I (ruas Semarang-Batang),” ujar Tutuka.

Upacara 17 Agustus 2023 di Semarang

 

“Pembangunan Pipa CISEM Tahap I (ruas Semarang-Batang) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan akses gas bumi bagi seluruh masyarakat maupun industri. Pipa transmisi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas gas bumi yang sebagian besar berasal dari lapangan gas di Jawa Timur dapat sampai ke wilayah Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan industri yang sedang berkembang,” tutup Tutuka.

Sebagai tambahan informasi, Pipa CISEM Tahap I (ruas Semarang-Batang) merupakan jalur pipa transmisi gas 20” sepanjang ± 60 km mulai dari Semarang sampai dengan Batang. Pipa CISEM ini dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Ditjen Migas untuk memenuhi kebutuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal dengan proyeksi kebutuhan gas hingga 39,42 MMSCFD dari 26 perusahan di KEK Kendal hingga tahun 2026, Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dengan proyeksi kebutuhan gas 25,83 MMSCFD dari 14 perusahaan di KITB Fase I hingga tahun 2028, serta kawasan-kawasan industri lainnya di sepanjang pipa transmisi CISEM tahap I. (AFB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.