Ditjen Migas Gelar KOPI SENJA Episode 10 : “Introduction To Carbon Market”

Jakarta, Dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan pegawai terkait isu perdagangan karbon serta relevansinya dengan sektor migas, Ditjen Migas menyelenggarakan Forum Belajar “KOPI SENJA Episode 10 dengan tema Introduction to Carbon Market”, bertempat di Gedung Ibnu Sutowo, Jakarta (18/12).

Forum Kopi Senja (Kelompok Berbagi Semangat dan Pembelajaran) tersebut dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra dengan dihadiri oleh para pembicara yaitu Ridwan Kurniawan dan Umdatul Mujahidah dari South Pole Carbon Asset Management Ltd., dan peserta para pegawai di lingkungan Ditjen Migas.

Pada acara Kopi Senja Episode 10 ini, membahas isu perdagangan karbon mengingat pada berbagai forum diskusi terkait bisnis kemigasan maupun transisi energi, topik ini sering menjadi pembahasan. Pengetahuan terkait big picture perdagangan karbon dan hal-hal terkait lainnya yang perlu diperhatikan, menjadi penting untuk dimiliki personel Ditjen Migas, selaku regulator dan pengawas kegiatan usaha migas di Indonesia, sekaligus dalam kurun waktu terakhir menjadi pemrakarsa untuk peraturan terkait CCS/CCUS.

Pada event kopi senja penutup akhir tahun ini, dari kawan-kawan South Pole, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita juga untuk menyamakan persepsi. Kebetulan kami ada beberapa yang terlibat di penyusunan Perpres dan Permen CCS. “Jadi, terima kasih sekali dari kawan-kawan South Pole, berkenan untuk sharing dengan kami semua,” pungkas Mirza.

Kegiatan Kopi Senja Episode 10 ini, diisi dengan pemberian materi dan diskusi mengenai prinsip dasar, mekanisme dan tahapan perdagangan karbon, serta tren perdagangan karbon di dunia terutama terkait harga. Selain itu, informasi mengenai badan usaha migas dapat menjadi pemain dan mendapat keuntungan dalam perdagangan karbon. Dan terakhir, bagaimana kegiatan Carbon Capture Storage dapat menghasilkan profit melalui perdagangan karbon melalui peningkatan keekonomian proyek CCS, serta hal-hal penting yang perlu menjadi perhatian Ditjen Migas terkait perdagangan karbon ini.

(AFB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.