Di Peringatan Harkitnas, Menteri ESDM: Kita Bangun Kejujuran

Jakarta, Pimpinan dan jajaran pegawai di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengikuti upacara memeperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Jumat (20/5).  Sebagai Pembina Upacara, Menteri ESDM Sudirman Said menekankan pentingnya menjauhi segala bentuk korupsi dan terus melakukan segala pembenahan di segala sektor untuk meraih kedaulatan energi.

"Kalau jaman itu --Jaman kemerdekaan-- bangkit dari penjajahan, maka penjajah kita sekarang bangkit melawan koruptor, orang-orang yang punya kepentingan, orang-orang yang mengahalangi pembenahan sektor ini, politisi bsuk yang terus mengganggu proses-proses pembenahan. Dan itu lawan kita semua," ujar Sudirman Said dalam amanatnya di Halaman Gedung KESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/5/2016).

Menurut Sudirman Said, segala hambatan yang ada dalam meraih kedaulatan energi merupakan suatu tantangan bagi kementerian ini untuk bisa lebih baik lagi. Dan jika dibandingkan dengan pejuang kemerdekaan dahulu, perjuangan kita sekarang masih jauh baik dari sisi usaha maupun resikonya.

"Hambatan yang ada itu adalah tantangan bagi kita. Dan kalau kita hayati makna Hari Kebangkitan Nasional, kita tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka dahulu," jelasnya

Sudirman Said mengatakan, Kementerian ESDM harus dapat memaknai hari kebangkitan nasional dengan bangkit dan mewujudkan kedaulatan energi yang telah ada didepan mata. Tercapainya kedaulatan energi merupakan suatu keniscayaan karena didukung oleh berbagai sumber daya yang memadai, baik itu dari sisi konsep, budget, SDM, kesempatan maupun otoritas.

"Kalau dulu cuma punya cita-cita dan konsep, sekarang kita punya konsep, punya budget, punya pasukan, punya orang, punya waktu, punya otoritas. Dan kita bisa kalau kita mau," tegas Sudirman Said.

Sambutan Sudirman Said ditutup dengan mengajak kepada seluruh pegawai ESDM untuk menjunjung tinggi kejujuran dan meyakinkan bahwa selama kejujuran dijunjung maka kementerian ESDM akan menjadi kementerian yang unggul, bermartabat, profesional dan berarti.

"Kita bangun kejujuran, kita bangun kelurusan yang lain mari kita belajar bersama. InsaAllah Kementerian ESDM akan menjadi kementerian yang unggul, yang bermartabat, profesional dan berarti dari waktu ke waktu, " pungkasnya. (RD)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.