Dekarbonisasi Industri Melalui CCUS Perlu Kolaborasi Regional

 

Nusa Dua – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan International Energy Agency (IEA), bekerja sama dengan ASEAN Centre for Energy (ACE) menyelenggarakan workshop untuk mengumpulkan pemangku kepentingan ASEAN guna mengidentifikasi peluang bagi kolaborasi regional yang lebih besar dalam CCUS.

“Kami menyoroti pentingnya strategi yang kuat untuk netralitas karbon, fasilitas CCUS yang terintegrasi, manfaat ekonomi dari investasi di CCS, dan juga kolaborasi regional lintas batas dalam CCUS,” ungkap Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi Mustafid Gunawan pada Asean Energy Business Forum Side Event bertajuk Frameworks And Platforms To Enable CCUS Deployment In  ASEAN, Jumat (25/08).

Pada sesi terakhir acara tersebut, Mustafid menegaskan bahwa kegiatan workshop yang telah dilakukan ini akan memberikan kontribusi besar dalam mendukung dekarbonisasi sektor industri bersama CCUS khususnya di ASEAN.

Menurutnya negara-negara Anggota ASEAN (AMS) memiliki pandangan yang sama bahwa CCUS merupakan teknologi yang penting dikembangkan untuk dekarbonisasi sistem energi sekaligus mencapai target Nett Zero Emission (NZE).

“Namun kami mengamati beberapa hambatan dalam pengembangan CCUS di kawasan ASEAN, termasuk kurangnya kebijakan pendukung dan kerangka peraturan, “ imbuh Mustafid.

Meskipun demikian pihaknya yakin dengan beberapa rekomendasi yang telah disajikan dalam diskusi tentunya akan dapat membantu membangun landasan yang kuat bagi pengembangan CCUS di wilayah ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, Mustafid juga juga mengucapkan apresiasi kepada SKK Migas dan juga ExxonMobil yang telah menyampaikan pandangan mereka mengenai CCUS. Melalui diskusi yang telah dilaksanakan dalam empat sesi tersebut maka dapat diperoleh gambaran yang lebih luas mengenai pengembanagn CCS/CCUS baik dari sisi regulator maupun developer. Yang paling penting ia menyoroti semangat para peserta diskusi untuk memperoleh ilmu dan pembelajaran berharga serta semangat untuk menghadapi berbagai permasalahan CCUS.

“Semoga kedepannya kita dapat mewujudkan roadmap CCUS untuk pengembangan dan penerapan CCUS dalam skala besar guna mendukung jalur dekarbonisasi dan mitigasi perubahan iklim, “ pungkas Mustafid.

(RAW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.