ASCOPE Susun Gas Advocacy White Paper

Jakarta, Gas Advocacy Taskforce (GATF) bentukan ASEAN Council on Petroleum (ASCOPE) mendapat tugas untuk mendorong pemanfaatan gas dan infrastruktur secara berkelanjutan di ASEAN. Tujuan utama Taskforce ini adalah membangun pasar gas di ASEAN demi memberikan manfaat bagi ASEAN dan perusahaan migas nasional se-ASEAN yang menjadi anggota ASCOPE.

Guna mencapai tujuan ini, GATF kemudian menyusun gas advocacy roadmap sebagai suatu rekomendasi yang riil dan praktis untuk kawasan ASEAN. Roadmap dimaksud disusun pada tahun 2018 dalam bentuk Gas Advocacy White Paper (GAWP) dengan fokus meningkatkan kesadaran dan mendorong pengembangan pasar gas berkelanjutan di ASEAN melalui pertemuan dan edukasi bagi para pemangku kepentingan serta kolaborasi pemerintah dan kebijakan. 

GAWP memberikan beberapa rekomendasi seperti fasilitasi oleh ASCOPE, reformasi pasar oleh negara anggota ASEAN, dan aksi secara multilateral oleh ASEAN.

ASCOPE merekomendasikan ASEAN untuk meningkatkan kerja sama regional melalui dialog terkait kerangka kebijakan energi untuk mendukung pemanfaatan gas dan LNG serta optimalisasi perdagangan LNG.

Sedangkan bentuk fasilitasi dalam GAWP yang mungkin dapat dilakukan adalah capacity and capability building terutama terkait pasar LNG baru. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.