Apresiasi Menteri ESDM Kepada Tim ESDM Siaga Bencana

Jakarta, Sepanjang kuartal I tahun ini, Indonesia dilanda berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, dan banjir di beberapa provinsi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berupaya hadir untuk memberikan manfaat di tengah masyarakat terdampak dengan membantu dan menolong melalui kegiatan ESDM Siaga Bencana.

Bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2021 yang jatuh setiap tanggal 26 April, Menteri ESDM Arifin Tasrif, hari ini, Kamis (29/4), memberikan penghargaan kepada 147 perusahaan stakeholder Kementerian ESDM yang telah menugaskan Emergency Response Team (ERT), Tim Logistik, dan Tim Kesehatan yang saling membantu atas nama ESDM Siaga Bencana di Provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur dalam melakukan kegiatan kemanusiaan di area akibat bencana.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota tim yang terlibat dalam rangka memulihkan area terdampak akibat bencana," ujar Arifin dalam sambutan yang dilakukan secara daring.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan oleh tim ESDM Siaga Bencana merupakan pelaksanaan dua dari lima nilai budaya organisasi Kementerian ESDM, yakni "Melayani" dan "Berarti".

"Apa yang telah dilakukan Tim ERT, Tim Logistik dan Tim Kesehatan melalui ESDM Siaga Bencana membuat kami bangga. Tentunya apa yang telah dilakukan di lima provinsi tersebut yaitu tindakan tanggap darurat dan masa transisi menuju pemulihan adalah bentuk kontribusi nyata kita kepada sesama untuk saling berbagi dan menolong," jelasnya.

Adapun, yang dilakukan tim ESDM Siaga Bencana meliputi tindakan pencarian, penyelamatan, tindakan medis, pengobatan termasuk trauma healing, bantuan alat-alat berat, penyediaan fasilitas air bersih dan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim ESDM Siaga Bencana, Saleh Abdurrahman mengungkapkan bahwa penyerahan piagam penghargaan ESDM Siaga Bencana ini diberikan kepada seluruh seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam kegiatan esdm siaga bencana di lima provinsi.

"Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada 147 perusahaan yang telah membantu ESDM Siaga Bencana," pungkasnya.

Secara Simbolis, Penyerahan Piagam Penghargaan diberikan kepada tujuh perwakilan tim ESDM Siaga Bencana yang diwakili oleh PT Pamapersada Nusantara, PT Adaro Indonesia, MIND ID (PT Bukit Asam, PT Timah, PT Antam, PT Freeport, PT Inalum), PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Bumi Suksesindo, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Putra Perkasa Abadi yang diberikan secara virtual oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. (DAN)



Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.