Wujudkan Zero Decline, Pimpinan SKK Migas Kunjungi KKKS

“Kami berharap pertemuan tersebut akan menghasilkan solusi yang tepat bagi kelancaran operasi hulu migas,” ujar Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan.

Sampai minggu pertama Maret 2013, realisasi produksi rata-rata minyak bumi dan kondensat mencapai sekitar 827,2 ribu barel per hari, sedangkan produksi gas mencapai 8.196 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Akan tetapi di minggu kedua sampai pertengahan Maret, produksi minyak mulai bergerak sedikit di atas 830.000 barel per hari.

“Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka mencari jalan supaya kinerja yang meningkat ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan sehingga target zero decline bisa tercapai,” ujar Muliawan.

Data yang diinventarisasi oleh SKK Migas, menunjukkan adanya sejumlah kendala yang berkontribusi terhadap realisasi produksi, terutama produksi minyak. Kendala-kendala tersebut, antara lain permasalahan pada fasilitas produksi yang menyebabkan hilangnya potensi produksi minyak sebesar 5.400 barel per hari, permasalahan pada sumur produksi (kenaikan water cut dan water blocking) yang menyebabkan hilangnya potensi produksi sebesar 1.600 barel per hari dan faktor eksternal yang menyebabkan hilangnya potensi produksi sebesar 700 barel per hari.

“Dalam kunjungan kerja, kendala-kendala ini akan kita dalami lebih lanjut dan akan kita coba selesaikan bersama KKKS,” ujar Muliawan.

Dia menambahkan bahwa dalam kunjungan kerja nanti, pimpinan SKK Migas tidak hanya menemui Kontraktor KKS dalam tahap produksi, tetapi juga Kontraktor KKS yang masih dalam tahap eksplorasi.  Tujuannya, mendorong KKKS eksplorasi untuk memenuhi komitmennya karena eksplorasi merupakan satu-satunya cara untuk menambah cadangan migas di masa mendatang. (Tursilowulan)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.