World Energy Outlook (WEO) 2010 Diluncurkan


Peluncuran ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan di Indonesia, sejak pertama kali diluncurkan tahun 2008. Ini merupakan apresiasi dari IEA karena tidak semua negara bisa mendapat kesempatan untuk peluncuran WEO. Terhadap hal ini, Menteri ESDM Darwin Zhady Saleh mengungkapkan penghargaannya.

 

Pemilihan Indonesia sebagai tempat peluncuran WEO, menurut Kepala Biro Hukum dan Humas ESDM Sutisna Prawira, menunjukkan bahwa IEA mengakui peran strategis Indonesia dalam pasar energi global. Pengakuan ini didukung fakta bahwa Indonesia memiliki kekayaan sumber daya energi yang cukup melimpah seperti gas alam dan batu bara, yang selain berperan penting dalam pembangunan nasional, juga berkontribusi dalam pembangunan negara lainnya, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

 

WEO merupakan salah satu produk penting yang dikeluarkan IEA setiap tahun dan menggambarkan evaluasi kondisi saat ini serta proyeksi jangka panjang pasokan dan permintaan energi global serta kebijakan energi di berbagai negara. Kajian dalam WEO juga menyertakan pengaruh-pengaruh lainnya seperti kondisi perekonomian global, geopolitik dan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengurangan emisi CO2 global. Hal tersebut kemudian diolah dengan analisis model energi untuk menghasilkan sebuah proyeksi keadaan pasar energi global di masa datang.

 

”Dengan WEO, Indonesia bisa memetakan posisinya dalam pasar energi global pada saat ini dan membantu mempersiapkan untuk menjawab tantangan pengembangan energi di masa depan,” kata Sutisna.

 

Dalam acara peluncuran ini, Direktur Eksekutif IEA menyerahkan WEO 2010 kepada Menteri ESDM. Acara ini juga dihadiri oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM serta wakil dari instansi pemerintah lainnya, BUMN, asosiasi sektor energi, pengamat energi dan akademisi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.