Workshop dan Diseminasi Informasi DBH Migas

Workshop yang mengundang para Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Daerah Penghasil Migas serta pejabat terkait, bertujuan meningkatkan wawasan sekaligus mengingatkan kembali tentang peraturan yang berlaku dalam pengelolaan sumber daya alam migas sehingga dapat terwujud kesamaan persepsi bagi seluruh stakeholder.

Direktur Pembinaan Program Migas Naryanto Wagimin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Balitbang ESDM Agus Cahyono Adi, mengemukakan, transparansi telah menjadi komitmen bersama. Kebutuhan informasi telah menjadi kebutuhan publik, terutama bagi daerah yang terdapat kegiatan usaha hulu migas. Untuk itu, kesamaan pemahaman mutlak diperlukan dan melihat secara arif ketentuan peraturan yang berlaku yang pada akhirnya dapat menyajikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Naryanto mengemukakan, sebagian pejabat di daerah telah memahami tentang pengelolaan DBH SDA migas. Namun demikian, sering terjadinya penggantian pejabat di daerah, membuat masih banyak pejabat atau pegawai yang belum sepenuhnya dapat memahami data yang disajikan dalam rekonsiliasi triwulanan baik di Kementerian ESDM maupun Kementerian Keuangan.

"Kertas kerja yang selama ini disajikan oleh Kementerian ESDM maupun Kementerian Keuangan, hendaknya tidak sekedar menjadi file saja, melainkan dapat dicermati, diikuti alur datanya serta dipahami tata cara penghitungannya," ujar Naryanto.

Workshop juga akan membahas secara terperinci mengenai kertas kerja yang disampaikan kepada daerah penghasil seperti sumber perolehan data, proses pemasukan data hingga penghitungan dana penyaluran DBH migas secara triwulanan. (TW)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.