Wapres Buka The 31st AMEM


Para menteri dan delegasi yang berpartisipasi dalam pertemuan tahunan ini berasal dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokrasi Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Selain itu, hadir pula mitra dialog seperi Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, India, Selandia Baru, Rusia dan Amerika Serikat.

Menteri ESDM Jero Wacik dalam laporannya mengemukakan, pertemuan ini  sangat penting karena akan membahas salah satu masalah utama negara-negara di dunia yaitu bidang energi.

Menurut Wacik, negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, memiliki potensi energi yang sangat besar dan beraneka ragam. Tapi di sisi lain, ASEAN juga termasuk konsumen energi yang besar.

Terkait permasalahan di bidang energi tersebut,  ASEAN telah menetapkan rencana aksi yang sebut ASEAN Plan of Action for Energy Cooperation (APAEC) 2010-2015. Rencana aksi ini meliputi langkah-langkah untuk memperkuat ketahanan energi nasional dan meningkatkan integrasi infrastruktur energi regional.

"Selain itu, menciptakan ketahanan energi regional yang responsif yang secara bertahap mendorong reformasi pasar dan lingkungan hidup yang berkelanjutan serta melibatkan sektor swasta dalam upaya mengamankan cadangan energi regional," katanya.

Ruang lingkup kerja sama ASEAN di bidang energi mencakup beberapa isu, antara lain kebijakan regional di bidang energi serta pengembangan energi terbarukan. Terkait sub sektor migas, beberapa isu yang dibahas adalah rencana penandatanganan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) of Trans ASEAN Gas Pipeline (TAGP) oleh para menteri ASEAN yang memang akan berakhir pada bulan Mei 2014.

Menteri ESDM berharap, pertemuan yang mengangkat tema "Energi yang berkelanjutan untuk kesejahteraan ASEAN" ini, akan mendapatkan hasil yang positif untuk meningkatkan keamanan, aksesibilitas dan keberlanjutan di bidang energi serta dapat meningkatkan inisiatif penggunaan energi terbarukan dan energi yang bersih di kawasan ASEAN.

Dalam rangkaian acara The 31st AMEM ini juga diselenggarakan ASEAN Energy Business Forum (AEBF). Acara tahunan yang diselenggarakan back to back dengan pertemuan menteri energi ASEAN ini, terdiri dari konferensi energi, pameran energi dan teknologi, ASEAN Energy Awards. (TW)


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.