Wamen ESDM: Kebutuhan Energi Indonesia Hingga 2030 Tercukupi

“Bahkan kalau perlu, mengimpor gas dan batubara yang lebih murah dari BBM serta mengusahakan migas di luar negeri,” ujar Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo dalam tulisannya yang berjudul “Analisis Kebijakan Dalam Menjaga Ketahanan Bidang Energi”.

Untuk mencapai semua itu, menurut Widjajono, diperlukan kebijakan harga dan infrastruktur serta peningkatan iklim investasi dan peningkatakan kemampuan nasional yang mendukung untuk mengoptimalkan penggunaan energi domestik.

Sementara untuk mencukupi kebutuhan energi 2030-2050, tambahnya, perlu dilihat perkembangan teknologi dan biaya energi pada tahun 2020.

Lebih lanjut Widjajono mengharapkan agar PT Pertamina (Persero) dan perusahaan-perusahaan migas nasional dapat meningkatkan produksi migasnya baik di dalam maupun di luar negeri, disamping perlunya dilakukan perbaikan sistem fiskal, iklim investasi dan sistem informasi untuk meningkatkan investasi internasional migas di Indonesia.

Wamen ESDM juga menyoroti perlunya dilakukan peningkatan kemampuan energi nasional. Dana untuk peningkatan kemampuan ini, dapat diperoleh dari penghematan yang diperoleh dari digantikannya BBM yang mahal dan sudah diimpor dengan energi lain yang lebih murah dan tersedia di dalam negeri seperti gas, batubara, panas bumi dan energi terbarukan lainnya.

Terkait krisis energi, untuk menghindari hal tersebut, menurut Widjajono, perlu dioptimalkan pemanfaatan energi di Indonesia. Diperlukan kerja sama, kejujuran, keterbukaan dan kecerdasan dari seluruh bangsa Indonesia.

“Kita perlu melakukan hal-hal yang benar untuk negeri ini,” tegasnya.

Persoalan energi dan bangsa,  tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah saja.  Negara yang baik membutuhkan adilnya pemimpin, amalnya pengusaha, ilmunya akademisi (ulama) serta kesabaran, kemandirian dan keperdulian masyarakat.


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.