Wamen ESDM Hadiri Peluncuran World Energy Outlook (WEO) 2011

Peluncuran ketiga kalinya di Indonesia sejak tahun 2009 ini merupakan bentuk apresiasi IEA karena hanya enam negara di dunia yang setiap tahun bisa mendapat kesempatan untuk peluncuran WEO. Hal ini menunjukkan bahwa IEA mengakui peran strategis Indonesia dalam pasar energi global, khususnya kontribusi sumber daya energi Indonesia dalam pembangunan di kawasan Asia Pasifik.

WEO merupakan salah satu produk penting yang dikeluarkan oleh IEA setiap tahun yang menggambarkan evaluasi kondisi saat ini, proyeksi jangka panjang pasokan dan permintaan (supply and demand) energi global serta kebijakan energi di berbagai negara.

Kajian WEO juga menyertakan pengaruh-pengaruh lainnya seperti kondisi perekonomian global, geopolitik dan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengurangan emisi CO2 global. Hal tersebut kemudian diolah dengan analisis model energi untuk menghasilkan sebuah proyeksi keadaan pasar energi global di masa datang. Dengan WEO, Indonesia dapat memetakan posisinya dalam pasar energi global pada saat ini dan membantu mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan-tantangan pengembangan energi yang akan terjadi di masa depan.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.