Upacara Bendera Warnai Peringatan Hari Ibu ke 83


Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Kepala Bagian Rencana dan Laporan Umi Asngadah. Sementara Elizabeth Dian Kumalasari ditunjuk sebagai komandan upacara.

 

Peringatan upacara Hari Ibu ke 83 ini, menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Amalia Agum Gumelar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan pembina upacara, dilakukan untuk mengenang penyelenggaraan Kongres Perserikatan Perempuan Indonesia yang pertama pada tanggal 22 Desember 2928 dan sekaligus menghargai perjuangan panjang kaum wanita Indonesia, yang bersama-sama kaum lelaki dalam merebut kemerdekaan untuk mewujudkan negara Indonesia yang bersatu, aman, tentram dan damai serta makmur, sejahtera dan adil.

 

Hari Ibu, lanjutnya, merupakan peringatan terhadap nilai-nilai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mendambakan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, kebangsaan, kemerdekaan Indonesia, nilai kasih sayang ibu Indonesia dan kerelaan berkorban untuk berjuang membangun Indonesia.

 

Peringatan Hari Ibu 2011 difokuskan pada aspek ekonomi, supaya kaum perempuan Indonesia dari berbagai latar belakang budaya, agama dan status sosial dapat melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang telah dilakukan kaum perempuan di bidang ekonomi, dalam rangka perbaikan kualitas hidup perempuan dan anak, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

 

Peringatan Hari Ibu ke 83 mengambil tema “Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Kesejahteraan Bangsa”.

 

Melalui tema ini, papar Linda, dirinya mengajak semua pihak untuk terus berjuang meningkatkan peran perempuan dalam emmbangun bangsa dan berperan aktif membangun kesejahteraan serta menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia, baik regional maupun internasional.

 

“Selanjutnya, upaya peningkatan peran dan partisipasi perempuan di bidang ekonomi dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender, perlu dilihat menjadi hal yang sangat strategis di dalam memperkuat ketahanan keluarga, ketahanan nasional dan tentunya akan berimplikasi pada ketahanan regional,” tuturnya.

 

Mengakhiri sambutannya, atas nama pemerintah, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan yang tinggi atas peran aktif berbagai sektor pembangunan di pusat, daerah dan tokoh-tokoh perempuan yang telah berjuang bagi kemajuan kamu perempuan Indonesia.

 

Selain melakukan upacara bendera, peringatan Hari Ibu juga ditandai dengan bazaar murah yang diikuti oleh Dharma Wanita dan pegawai Ditjen Migas.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.