Tujuh Langkah Amankan Pasokan BBM


Untuk Banten dan Jawa Barat, disediakan 16 kantong. Sementara Jawa Tengah ada 9 kantong dan Jawa Timur 7 kantong. Untuk Lampung dan Sumatera Selatan, masing-masing disediakan 3 kantong BBM.

 

Langkah lainnya adalah penambahan mobil tangki atau switching mobil tangki dari solar ke premium di SPBU di sekitar jalur Indramayu-Cirebon dan Jawa Tengah.

 

Selain itu, melakukan pengaturan pembedaan jalur pelayanan antara motor dan mobil, serta menyediakan pelayanan SPBU transit khusus sepeda motor. Untuk Jawa Barat dan Banten, tersedia 31 SPBU transit, Di Jawa Tengah terdapat 58 SPBU transit. Sedangkan Jawa Timur, terdapat 52 SPBU transit, termasuk 26 SPBU transit di Suramadu.

 

Pemerintah juga menyiapkan armada tangki dan SPBU-SPBU di jalur mudik dan jalur alternatif serta membentuk Posko KESDM dan Satgas BBM di seluruh wilayah/region dan Kantor Pusat Pertamina.

 

SPBU beroperasi 24 jam, khususnya di jalur mudik dan balik, mulai H-15 sampai dengan H+15 sepanjang jalur Pantura, Selatan arah Merak dan Lampung.

 

Terakhir, pemerintah mengamankan stok BBM melalui optimasi kilang dan menambah impor.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.