Transportasi Umum Diusulkan Pakai BBG

Ketua Harian Dewan Energi Nasional yang juga Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menyatakan hal itu dalam jumpa pers usai Sidang ke 5 Dewan Energi Nasional (DEN) di Kementerian ESDM, Jumat (30/7).

Memperbanyak penggunaan gas untuk transportasi umum di kota-kota besar, kata Darwin, merupakan langkah konkrit untuk mempercepat turunnya subsidi BBM. Oleh karena itu, DEN berpikir untuk lebih bersungguh-sungguh mengalokasikan kembali anggaran infrastruktur BBM dan BBG.

Subsitusi BBM ke BBG memang bukan perkara mudah karena perlu penyediaan infrastruktur, tata niaga, kebutuhan dan pengawasan suplai BBG. Untuk mewujudkannya, hasil sidang DEN menyatakan bahwa pemerintah perlu menyusun kebijakan pemanfaatan gas untuk transportasi yang lebih terintegrasi dan roadmap pengembangan jaringan gas dan SPBG.

Selain itu, pemerintah juga perlu mereposisi BUMN terkait penyediaan energi nasional seperti PT PLN, PT PGN, PT Pertamina dan PT Bukit Asam, agar dapat mengendalikan BUMN tersebut dalam penyediaan energi nasional.

Perlu juga diperkuat koordinasi berbagai sektor seperti Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Daerah serta memastikan ketersediaan dana untuk pembangunan infrastruktur BBG.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.