Total Gandeng Talisman Energy Eksplorasi Laut Dalam

Ketiga blok yang dioperasikan oleh Talisman tersebut, terletak di cekungan lepas pantai Makasar Selatan ini dengan kedalaman air berkisar antara 400 sampai 2.000 meter.  Ketiganya mencakup kawasan seluas 10.693 km2.  Komitmen kerja selama masa eksplorasi meliputi akusisi seismik 2D dan 3D serta pengeboran 2 sumur eksplorasi.  Pengeboran sumur eksplorasi pertama direncanakan dilakukan  di KKS Sageri sebelum akhir tahun 2011.

“Dengan akuisisi ini, Total menjalankan strateginya untuk terus memperluas wilayah eksplorasi baru, yaitu di laut dalam, dan akan terus berinvestasi di Indonesia sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan potensi cadangan hidrokarbon di Indonesia”, ucap Jean Marie Guillermou, Senior Wakil Presiden Asia Pasific, Eksplorasi dan Produksi, Total S.A. 

Guillermou mengemukakan, pihaknya akan berkontribusi di Selat Makasar dengan modal pengalaman laut dalam.  Apabila ada penemuan, maka potensi sinergi dengan operasi Total yang telah ada di kawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dan akses ke pasar.

Farm in-farm out merupakan pengalihan interest dari pemegang wilayah kerja yang ada ke perusahaan lain atau bentuk konsorsium. Beberapa investor lebih menyukai metode farm in ataupun membeli participating interest dari suatu wilayah kerja yang jelas sudah berproduksi, dengan alasan resiko investasi yang lebih rendah dan prosesnya lebih cepat. Pada tahun 2010, proses pengalihan interest mencapai 33 kasus yang telah disetujui pemerintah.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.