Tingkatkan Kerja Sama dan Jajaki Proyek Baru, Asosiasi Pengusaha Perancis Kunjungi KESDM

Kunjungan MEDEF ke Kementerian ESDM diterima oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh serta para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM. Dalam kesempatan tersebut, Menteri ESDM memaparkan secara lengkap kegiatan sektor ESDM serta kebijakan terkait.

Dalam pertemuan terungkap, para pengusaha asal Perancis tersebut masih berminat berinvestasi di Indonesia, antara lain di bidang listrik dan batu bara. Mereka juga memberikan masukan mengenai UU Minerba dan UU Migas.

Sementara khusus bidang migas, menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, MEDEF antara lain menanyakan kebijakan Indonesia tentang LNG. Terhadap pertanyaan ini, Evita menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendahulukan pemenuhan kebutuhan domestik. Meski demikian disadari, gas tidak dapat diproduksikan jika harga keekonomian tidak terpenuhi.

“Sekarang kita masih dalam kondisi balancing dimana keekonomian tercapai, tetapi domestik terpenuhi. Karena kalau keekonomian tidak tercapai, tidak ada yang mau mengembangkan investasi,” jelasnya.

MEDEF International (The Mouvement des Entreprises de France) atau Asosiasi Pengusaha Internasional Perancis merupakan perhimpunan pengusaha perancis terdiri atas 85 federasi sektoral dan 155 perwakilan lokal. Secara keseluruhan, MEDEF beranggotakan 800 ribu perusahaan perancis, baik berskala kecil, menengah maupun besar dan bergerak di segala bidang usaha.

Selain melakukan pertemuan dengan para pejabat tinggi serta menteri, MEDEF Internastional akan melakukan pertemuan dengan pihak swasta Indonesia yang diwakili oleh pihak KADIN Indonesia untuk membentuk suatu kemitraan strategis di masa kini dan masa mendatang.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.