Tim ESDM Selidiki SPBU Shell

“Proses pembongkaran tangki masih berlangsung. Kami juga mengambil sampel tanah untuk dianalisis apakah terjadi pencemaran atau tidak,’ kata Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Suyartono.

 

Suyartono menjelaskan, SPBU Shell yang mengalami kebocoran sebetulnya hanya satu yaitu di Cikokol Tangerang. Namun lantaran 3 SPBU lain memiliki tipikal yang sama, akhir turut ditutup sementara sebagai tindakan preventif.

 

SPBU Shell yang ditutup sementara hingga saat ini berlokasi di Cikokol Tangerang, Jl Pangeran Antasari Jakarta Selatan, Jl Raya Cibubur Jakarta Timur dan Jl Prapanca Jakarta Selatan.

 

Mengenai kemungkinan terjadinya kesalahan prosedur dalam pemasangan tangki timbun bawah tanah, menurut Suyartono, hal itu bisa saja terjadi.

 

‘Alat yang dipasang mungkin baik. Namun dalam pemasangannya, kan terkait dengan berbagai hal seperti tanah dan beton. Mungkin saja ada yang kurang tepat. Tapi nanti kita tunggu saja hasil penyelidikannya. Investigasinya sedang berlangsung,’ kata Suyartono.

 

Kebocoran SPBU seperti ini, lanjutnya, merupakan salah satu pelanggaran terhadap keselamatan konsumen migas. Ia mengharapkan peristiwa ini dapat mempercepat penyusunan RPP Keteknikan Migas yang kini memasuki tahap penyempurnaan di internal Ditjen Migas. Diharapkan akhir Februari mendatang, RPP sudah dapat diserahkan ke Biro Hukum Departemen ESDM untuk proses selanjutnya.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.