Tiga Prioritas Kerja Sama Energi Indonesia-Amerika

Selain itu, peningkatan pemanfaatan metana untuk meningkatkan efektifitas biaya dan eksploitasi serta pemanfaatan gas sebagai energi bersih dan mendorong kerja sama pemerintah dan swasta dalam investasi di sektor energi.

Menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dalam rapat tindak lanjut The 3rd Energy Policy Dialogue RI-USA dengan instansi terkait di Gedung Migas, Senin (23/8), tiga prioritas kerja sama itu akan disampaikan ke pihak AS pada Joint Commision yang rencananya akan diselenggarakan di Washington DC pada 17 September mendatang.

“Dalam Joint Commision tersebut ada beberapa working group, termasuk energi. Tiga prioritas ini akan disampaikan di acara tersebut,” kata Evita.

Hubungan bilateral Indonesia-Amerika dalam wadah RI-USA Energy Bilateral Consultations Meeting telah dimulai sejak tahun 1990, di mana pertemuan pertama dilaksanakan di Washington DC tanggal 29 Juni 1990. Sampai dengan tahun 1997, telah dilaksanakan 7 kali pertemuan yang dilaksanakan secara bergantian di Jakarta dan Washington DC.

The 1st Indonesia-USA Energy Policy Dialogue telah berlangsung tanggal 26 Mei 2005 di Washington DC, dibuka oleh Meneg BUMN Sugiharto dan wakil Menteri Energy AS Clay Sell. Pertemuan ini dipimpin bersama oleh Assistant Secretary Karen Harbert dan Dirjen Migas Iin Arifin Takhyan.

The 1st Indonesia-USA Energy Policy Dialogue merupakan awal upaya menghidupkan kembali Bilateral Energy Consultations yang telah terhenti selama 7 tahun.  Penyelenggaraan pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden George W Bush pada 25 Mei di Washington DC.

The 2nd Indonesia-USA Energy Dialogue dilaksanakan di Jakarta pada 20-21 Oktober 2008. Hadir dalam pertemuan tersebut, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan Dirjen Migas Evita H. Legowo.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.