Tiga KKS CBM Senilai US$ 22 Juta Ditandatangani


Wilayah kerja yang ditandatangani kerja samanya adalah Blok GMB Muara Enim I yang dikelola oleh konsorsium PT Pertamina Hulu Energi Metana Sumatera I (PHE Metra I) dan PT Indo Gas Methan (IGM), Blok GMB Muralim yang dikelola oleh konsorsium PT Medco CBM Pendopo dan Dart Energy (Muralim) Pte Ltd dan Blok GMB Tanjung II yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Energi Metan Tanjung II (PT PHE Metan Tanjung II).

 

Total komitmen pasti dan bonus tanda tangan 3 KKS itu sebesar US$ 22,05 juta, terdiri dari bonus tanda tangan US$ 5 juta dan komitmen pasti untuk tiga tahun masa eksplorasi sebesar US$ 17,05 juta berupa studi geologi dan geofisika, core hole sebanyak 9 buah, pemboran 10 sumur dan new production test sebanyak 2 sumur

 

Dalam kesempatan itu, juga ditandatangani satu  PJBG antara PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java-PT Pertamina Hulu Energi Tuban-PT Pertamina EP-Petrochina International Java Ltd dengan PT Gasuma Corporindo. Sumber gas berasal dari  Lapangan Mudi dan Sukowati Blok Tuban, dengan jumlah kontrak 13.14 BSCF senilai US$ 13 juta.

 

”Gas dari PJBG ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan industri di Jawa Timur,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo dalam laporannya.

 

Dalam rangkaian acara ini dilakukan juga penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Pertamina dengan PT ExxonMobil terkait pengembangan Natuna Timur (East Natuna).

 

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh menyambut gembira dilakukannya kembali penandatanganan KKS CBM.

 

”Ini merupakan penandatanganan kontrak kerja sama GMB yang yang ketujuh kali, sehingga sampai saat ini telah ditandatangani 23 KKS GMB. Dengan adanya kontrak-kontrak baru ini diharapkan akan terjadi percepatan eksplorasi di bidang hulu GMB, sehingga akan meningkatkan status sumber daya GMB menjadi cadangan-cadangan baru dan pada akhirnya menghasilkan peningkatan produksi gas bumi nasional,” paparnya.

 

Ditegaskan Darwin, dengan penandatanganan 3 KKS ini maka upaya dan investasi dalam usaha kegiatan eksplorasi dan eksploitasi potensi CBM di Indonesia akan semakin meningkat, sekaligus membuka kesempatan kerja batu dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

”Dengan kontrak-kontrak baru itu kita berharap terjadi percepatan eksplorasi di bidang hulu GMB,” tambahnya.

 

Ia juga berharap agar KKKS mempercepat aktivitasnya dan dengan penuh kesungguhan melaksakan kegiatan eksplorasi sesuai komitmen pasti yang telah disepakati dalam kontrak, sehingga akan memacu pembangunan di sektor riil yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas dan khususnya yang berada di sekitar daerah operasi.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.