Tidak Ada Kenaikan Harga BBM


”Kalau pemakaiannya berlebih, digelontorkan berapapun akan kurang saja. Kita menghimbau jangan melakukannya,” kata Darwin dalam jumpa pers usai melakukan pertemuan dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Kepala BPH Migas Tubagus Haryono dan Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan di Kementerian ESDM, Rabu (9/3).

 

Pertemuan dilakukan untuk merencanakan langkah-langkah strategis menyikapi gejolak harga minyak dunia dan kondisi yang terjadi saat ini yaitu adanya pembelian BBM yang berlebih di beberapa SPBU di daerah tertentu.

 

Darwin mengungkapkan, pemerintah senantiasa berkomitmen untuk menyediakan bahan bakar yang diperlukan masyarakat. Dalam situasi gejolak harga minyak dunia, katanya, kita harus bersama-sama berupaya agar gangguan faktor eksternal terhadap penyediaan hingga pendistribusian BBM tidak berdampak berlebihan.

 

”Untuk itu, masyarakat harus mendukung komitmen pemerintah dan peran Pertamina dengan menggunakan BBM secara bijaksana dan sesuai kebutuhan normal,” tambahnya.

 

Pemerintah juga meminta pemerintah daerah dapat meningkatkan perannya dalam ikut mengawasi pendistribusian BBM agar tepat sasaran dan tepat jumlah. Pada dasarnya, setiap kuota BBM bersubsidi nasional didasarkan kuota setiap daerah, sehingga peran dan tanggung jawab bersama pemda sangat diperlukan.

 

Kepada Pertamina, pemerintah menugaskan untuk memberikan pasokan sesuai kebutuhan normalnya. BPH Migas juga diminta melakukan pengaturan lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan jangka pendek ini.

 

Kepala BPH Migas Tubagus Haryono menambahkan, pengaturan tersebut, antara lain untuk wilayah-wilayah yang tersedia pertamax, setelah kuota premium terlampaui, SPBU diminta mengarahkan konsumen untuk membeli pertamax. Pertamina diminta menginformasikan hal ini kepada Hiswana Migas.

 

Selain itu, Pertamina juga diminta membuat perencanaan untuk daerah-daerah yang terjadi kelangkaan dan melaporkan realisasinya kepada BPH Migas.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.