The 6th Indonesia-Korea Energy Forum, 3 Kerja Sama Ditandatangani


Delegasi RI dipimpin Dirjen Migas Kementerian A. Edy Hermantoro. Sedangkan Delegasi Korea dipimpin Deputy Minister of Trade, Industri and Energy, Mr. Kim Jundong.


Dalam rangkaian  acara ini, dilakukan penandatanganan 3 kerja sama yaitu pertama, MoU joint feasibility study an Mini LNG for inter-island transportation antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Korea Register of Shipping dan Daewoo shipbuilding & Marine Engineering.


Kedua, MoU on cooperation in the field of CNG vehicle & synthetic natural gas related Industries antara Lemigas, Pertamina Trans Kontinental dan KITECH.


Ketiga, MoA on power business development collaboration team antara PT Pertamina dan SK E&S.


Ketua Delegasi RI A. Edy Hermantoro dalam pidato pembukaan mengemukakan, pertemuan  ini terutama membahas pengembangan migas dan energi bersih. Diharapkan dapat dibangun dialog yang produktif dari kedua negara, agar nantinya dapat diperoleh  peluang kerja sama lebih lanjut.

Diharapkan pula, delegasi kedua negara dapat menyampaikan kemajuan kerja sama pengembangan gas di hulu dan hilir migas, seperti kilang LNG untuk transportasi, terminal penerima dan gasifikasi batubara.


Kerja sama Indonesia dan Korea telah terjalin sejak 1979. IKEF yang melibatkan pihak swasta ini,  terbentuk tahun 2006. Forum ini juga menjadi wadah baru, menggantikan joint committee yang telah dilakukan 22 kali.


The 1st IKEF dilaksanakan 25 Juli 2007 di Seoul, bersamaan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. The 2nd IKEF diselenggarakan di Indonesia pada Oktober 2008. Dalam pertemuan ini, ditandatangani Letter of Agreement (LoA) antara PT Pertamina dengan SK Corportaion mengenai kerja sama revamping kapasitas kilang yang berlokasi di Dumai dan Letter of Intent (LoI) antara PT Pertamina dengan KNOC dan SK Corporation dalam kerja sama Joint Corporation on E&P Project.


The 3rd IKEF
di selenggarakan di Korea tahun 2010. Beberapa kerja sama yang akan dikembangkan adalah DME sebagai bahan bakar energi alternatif terbarukan, pengembangan lapangan marginal migas, CBM, batubara dan biofuel.


The 4th IKEF dilaksanakan di Hotel JW Marriot, Jakarta. Sedangkan The 5th IKEF diselenggarakan di Hotel Ramada Plaza jeju, Korea Selatan, 29 Maret 2012. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.