The 4th Indonesia-United States Energy Policy Dialoque (EPD)

The 4th Indonesia-United States Energy Policy Dialoque (EPD) akan dilanjutkan dengan pertemuan Mid Term Joint Commission Meeting Indonesia-US yang merupakan implementasi dari program comprehensive partnership yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Barrack Obama.

Pertemuan ini bertujuan mempererat kerja sama kedua belah pihak, antara lain peningkatan iklim investasi dan peningkatan kapasitas yang program-programnya telah disepakati yaitu pertama, exchange information on plocies and activities that support and improve the investment climate, build capacity and promote sustainable economic development. Kedua, Indonesia’s participation in global methane initiative dan ketiga, encouraging public-private investment partnerships in the energy sector.

Pertemuan bilateral terakhir Indonesia-USA yaitu The 3rd Indonesia-United States Energy Policy Dialoque (EPD) dilaksanakan pada 28-30 Juni 20120 di Washington DC, Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai isu energi yang menjadi perhatian bersama serta mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam membangun kerja sama kedua negara yaitu kebijakan energi nasional, perkembangan dan pemanfaatan sumber energi, penelitian dan pengembangan serta peningkatan kapasitas, pembahasan mengenai pengembangan gas uncoventional, methane to market serta pengembangan SDM.

Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk melakukan kerja sama dalam berbagai bidang, yaitu:

  1. Peningkatan dan pemanfaaatan energi terbarukan dan teknologi energi efisiensi.
  2. Penelitian dan pengembangan di beberapa bidang energi terbarukan, perubahan iklim, EOR, carbon capture and storage, gasifikasi dan pencairan barubara, energi kelautan dan energi efisiensi.
  3. Peningkatan pemanfaatan gas bumi untuk meningkatkan efektivitas biaya dan eksploitasi dan pemanfaatan gas sebagai energi bersih.
  4. Mendorong kerja sama pemerintah dan swasta dalam investasi di sektor energi.
  5. Pertukaran informasi mengenai insentif fiskal dan keuangan untuk pengembangan energi.
  6. Pendidikan dan pelatihan pada bidang panas bumi, energi efsiensi dan topik-topik yang berkaitan dengan energi.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.