The 4th Indonesia-Thailand Energy Forum


Ketua Delegasi RI A. Edy Hermantoro ketika membuka pertemuan tersebut, mengemukakan, dalam pertemuan sebelumnya, Indonesia dan Thailand sepakat untuk meningkatkan kerja sama di sektor energi serta melakukan pembahasan lebih mendalam mengenai isu terkait energi. Termasuk juga kerja sama investasi di bidang migas, kelistrikan, batubara, energi baru terbarukan dan penelitian serta pengembangan. Kedua belah pihak telah menghasilkan banyak kerja sama dan harus terus ditingkatkan agar forum ITEF tidak hanya berguna bagi pemerintah, tetapi juga swasta.


“Diharapkan, pertemuan keempat ini dapat membahas hal-hal baru, seperti implementasi kerja sama, proyek-proyek bersama dan keterlibatan bisnis lainnya,” ujar Edy.


Beberapa hal yang perlu dibahas lebih mendalam dan dapat ditingkatkan ke tahap business to business, lanjut Edy, antara lain pengembangan gas metana batubara (CBM), biofuel serta panas bumi, pemanfaatan batubara kualitas rendah, pembangkit listrik, efisiensi energi dan pelatihan respon darurat.


“Kami berharap kedua negara dapat berbagai rencana investasi, inovasi teknologi dan kerja sama baru,” tambahnya.


The 4th Indonesia-Thailand Energy Forum selain dihadiri oleh pejabat pemerintah, juga diikuti oleh BUMN sektor energi dan asosiasi.


Indonesia-Thailand Energy Forum (ITEF) merupakan hasil kesepakatan dari serangkaian pertemuan sebelumnya yang telah mulai dibicarakan pada pertemuan Presiden RI dan PM Thailand pada Oktober 2006 di Jakarta. Terakhir, pada 21 Desember 2007 di Bangkok  disepakati dibentuk Energy Forum yang ditandatangani menteri energi kedua negara.


The 1stITEF diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada 11-12 Juli 2008. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat menjalin hubungan yang lebih baik di sektor energi.


The 2nd ITEF diselenggarakan di Jogjakarta, 28-29 Juli 2010. Dalam pertemuan yang mengambil tema, “Strengthening Cooperation and Tightening Friendship in Energy Sektor” tersebut, kedua negara melakukan pemaparan mengenai isu-isu di sektor migas, ketenagalistrikan serta mineral dan batu bara, di negara masing-masing.


The 3th Indonesia-Thailand Energy Forum diselenggarakan pada 2012 di Pattaya. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.