The 3rd Indonesia-US Dimulai Hari Ini

Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gary Locke ke Indonesia yang menjajaki kerja sama di bidang investasi, khususnya clean energy.

Khusus migas, hal yang akan dibahas adalah kebijakan dan rencana pengembangan di bidang migas, terutama CBM dan shale gas.

“Diharapkan Indonesia dapat mengeksplor keunggulan Amerika Serikat di bidang unconventional energy seperti CBM dan shale gas,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo yang bertindak sebagai pemimpin Delegasi Indonesia yang terdiri dari wakil pemerintah dan swasta.

Terkait hal tersebut, Evita dan sejumlah anggota rombongan akan melakukan peninjauan lapangan shale gas yang dikelola ExxonMobil. Sementara anggota delegasi lainnya akan mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir di Calvert Cliffs.

Hubungan kerja sama bilateral Indonesia-Amerika telah berlangsung cukup lama dalam wadah RI-US Energy Bilateral Consultations Meeting, tahun 1990. RI-US Energy Bilateral Meeting ke 7, diselenggarakan pada 23-25 Juli 1997 di Washington DC.

Setelah pertemuan bilateral tahun 1997, hubungan dialog G to G antara Indonesia-Amerika sempat mengalami kevakuman, seiring terjadinya krisis moneter dan perubahan politik nasional di Indonesia. Namun demikian, kerja sama B to B tetap berlangsung dan semakin meningkat.

Hubungan kerja sama kembali terjalin dengan diselenggarakannya The 1st RI-US Energy Policy Dialogue tanggal 29 Agustus 2005. Pertemuan kedua dilaksanakan tanggal 20-21 Oktober 2008 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.