The 3rd Indonesia-Thailand Energy Forum

Pertemuan ini akan membahas kerja sama minyak dan gas bumi, ketenagalistrikan, baru bara, gas metana batu bara (CBM), energi baru terbarukan dan konservasi energi, respon tanggap darurat dan pengembangan capacity building serta penelitian dan pengembangan sektor ESDM.

Bertindak sebagai pemimpin Delegasi RI adalah Staf Ahli Menteri ESDM bidang Kelembagaan dan Program Strategis, Hadiyanto. Hadir pula wakil unit-unit Eselon I Kementerian ESDM dan instansi terkait seperti Kemenlu, BP MIGAS, BPH Migas serta perwakilan pengusaha seperti PT PLN, PT PGN, PT Pertamina, PT Pertagas, PT Medco Indonesia, PT Barubara Bukit Asam, PT Transportasi Gas Indonesia, PT Aneka Tambang dan asosiasi seperti KADIN.

Selain meningkatkan hubungan kerja sama di sektor energi, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan komitmen untuk membangun ketahanan energi di wilayah Asia Tenggara.

Indonesia-Thailand Energy Forum (ITEF) merupakan hasil kesepakatan dari serangkaian pertemuan sebelumnya yang telah mulai dibicarakan pada pertemuan Presiden RI dan PM Thailand pada Oktober 2006 di Jakarta. Terakhir, pada 21 Desember 2007 di Bangkok  disepakati dibentuk Energy Forum yang ditandatangani menteri energi kedua negara.

The 1stITEF diselenggarakan di Bangkok, Thailand, pada 11-12 Juli 2008. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat menjalin hubungan yang lebih baik di sektor energi.

The 2nd ITEF diselenggarakan di Jogjakarta, 28-29 Juli 2010. Dalam pertemuan yang mengambil tema, “Strengthening Cooperation and Tightening Friendship in Energy Sektor” tersebut, kedua negara melakukan pemaparan mengenai isu-isu di sektor migas, ketenagalistrikan serta mineral dan batu bara, di negara masing-masing.

Khusus mengenai minyak dan gas bumi, hal-hal yang dibahas adalah kebijakan dan peluang di bidang migas dan CBM, bisnis LNG di Indonesia, bisnis hilir migas, perkembangan bisnis PT Pertamina serta manajemen migas Thailand

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.