Thailand Tertarik Beli Gas Natuna D Alpha

“Dia (Thailand) sangat tertarik,” ungkap Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo seusai Sidang Anggota ke 5 Dewan Energi Nasional (DEN) di Kementerian ESDM. Jumat (30/7).

Ketertarikan Thailand terhadap gas dari Blok Natuna D Alpha itu, dikemukakan dalam The 2nd Indonesia-Thailand Energy Forum (ITEF) yang diselenggarakan di Jogjakarta, 28-29 Juli 2010.

Meski telah menyatakan tertarik, lanjut Evita, belum ada pembicaraan kesanggupan membeli dengan harga tertentu dari Thailand.

“Belum bicara harga, belum serinci itu,” imbuh Evita.

Blok Natuna D Alpha terletak sekitar 250 km dari Kepulauan Natuna. Cadangannya pun sangat besar, diperkirakan  46 triliun kaki kubik. Namun untuk mengembangkan Blok Natuna tidak mudah karena 70% cadangan gasnya berisi CO2. Jadi, diperlukan teknologi canggih untuk penghilangan, pembuangan, dan penyimpanan karbon dioksida karena CO2 tidak bisa dibuang sembarangan. Investasi yang dibutuhkan juga tidak sedikit, diperkirakan sekitar US$ 52 miliar.

Pemerintah secara resmi menunjuk Pertamina dalam pengembangan Blok Natuna D-Alpha yang tertuang dalam Surat Menteri ESDM No 3588/11/MEM/2008 tertanggal 2 Juni 2008 tentang Status Gas Natuna D-Alpha.

Term and condition pengembangan Blok Natuna d Alpha juga telah diserahkan ke PT Pertamina (Persero). Syarat dan ketentuan yang bersifat umum itu akan digunakan BUMN tersebut untuk memilih mitra kerjanya.

Berdasarkan term and condition itu, Pertamina dapat menyeleksi lebih lanjut calon mitra kerjanya yang hingga kini masih berjumlah 8 perusahaan yaitu ExxonMobil, Statoil Hydro, Chevron, Total, Shell, ENI, CNPC dan Petronas.

Ditargetkan, penandatanganan kontrak kerja sama pengelolaan Blok Natuna D Alpha antara pemerintah dengan PT Pertamina (Persero) dapat dilakukan tahun ini.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.