Target Produksi Minyak dan Gas 2009 Realistis

“Kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) menyatakan tidak ada masalah. Proyeksi migas itu cukup realistis,” kata Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers usai pertemuan dengan KKKS di Auditorium Departemen ESDM, Selasa (3/2) siang.

Dikatakan Purnomo, untuk ke depan dan seterusnya, pemerintah akan memasang target produksi tidak terlalu tinggi dan tidak juga rendah atau dengan kata lain, realistis. Hal ini lantaran pemerintah punya pengalaman yang cukup pahit ketika memasang target produksi tinggi.

“Dulu pernah produksi kita pasang tinggi untuk mendorong teman-teman di sektor (ESDM) agar bekerja keras  mencapai hal tersebut. Tapi waktu (target) itu tidak tercapai, menimbulkan hal-hal yang merugikan kita. Kita dianggap tidak perform,” papar Purnomo.

Padahal, lanjut Purnomo, terkait dengan produksi minyak dan gas, target dan perencanaan bisa atau gampang saja dilakukan. Namun untuk pencapaiannya, banyak kendala di lapangan yang harus dihadapi. Mulai dari masalah operasional hingga lintas sektoral.

Pada pertemuannya dengan Menteri ESDM dan jajarannya, KKKS mengeluhkan kendala yang dihadapi di lapangan seperti tumpang tindih lahan, amdal, masalah keamanan dan hal-hal yang terkait negative list cost recovery.

Terhadap keluhan itu, pemerintah menyatakan terbuka untuk dilakukannya konsultasi untuk mendukung pencapaian target.

“Kami siap memfasilitasi beberapa kendala yang dihadapi oleh KKKS,” kata Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo.

Evita mengatakan, pemerintah menyadari bahwa sebagian lapangan dan sumur-sumur migas sudah berumur tua. Oleh karena itu, pemerintah berupaya menggenjot cadangan migas dengan mengadakan tender-tender wilayah kerja baru. Diharapkan dengan adanya temuan cadangan baru ini, dapat menahan laju penurunan produksi atau bahkan dapat meningkatkan produksi.

“Dalam waktu dekat kami akan kembali menawarkan wilayah kerja migas baru,” tegasnya.

Kepala BPMIGAS R. Priyono mengungkapkan, pihaknya akan membantu dengan cara mempercepat proses administratif.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.