Tahun Depan, Jaringan Gas Bumi Dibangun di 24 Rusun

Di kawasan Jabodetabek, terdapat 96 rumah susun yang terdiri dari 33 rusun eksisting, 16 rusun dalam tahap konstruksi dan 47 rusun dalam tahap perijinan. Dari 33 rusun eksisting, hanya 8 rusun yang sudah menggunakan gas bumi dengan pasokan dari PT PGN, 1 rusun sudah dikosongkan dan 24 rusun belum menggunakan gas bumi.

Rusun yang rencananya akan dibangun jargas ini adalah Pulo Harapan Indah, Tambora, Tzu Chi (Jakarta Barat), Benhil 1, Benhil 2, Jati Bunder, Karet Tengsin, Petamburan, Tanah Tinggi (Jakarta Pusat), Sakura, Tebet, Tebet Harum (Jakarta Selatan), Cipinang, Cipinang Muara, Tipar Cakung (Jakarta Timur), DKI Penjaringan, Marunda, Muara Angke, Pluit, Sukapura, TNI AL (Jakarta Utara), Wisma Seroja (Kota Bekasi), Rusunawa Menteng Asri (Kota Bogor) dan Manis Jaya (Kota Tangerang).

Pasokan gas bumi untuk jargas yang akan dibangun tersebut, direncanakan berasal dari PT PGN dan PT Pertamina EP yang sudah berkontrak dengan BUMD Bekasi.

Terkait dengan rencana pembangunan tersebut, pemerintah akan melakukan pendataan rusun, survei demand dan titik suplai gas bumi serta jalur jaringan pipa gas.

Selain rusun di Jabodetabek, tahun depan pemerintah juga berencana membangun jargas di Sidoardjo, Bontang (Kaltim) dan Sengkang (Sulsel). Tahun ini, jargas dibangun di Depok, Tarakan dan Sidoardjo. Sementara tahun lalu, jargas  telah dibangun di Palembang dan Surabaya.

Pembangunan jargas merupakan salah satu upaya pemerintah mempercepat diversifikasi energi dan mengurangi beban subsidi BBM. Gas bumi untuk rumah tangga memiliki sifah murah, bersih dan aman. Murah karena proses pengolahannya tidak melewati proses panjang dibanding LPG dan lebih hemat. Gas bumi juga bersih karena tidak menimbulkan jelaga hitam pada perabot masak dan aman lantaran berat jenisnya yang lebih ringan dari udara, sehingga jika terjadi kebocoran akan menguap dengan sendirinya. 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.