Tahun 2013, Pemerintah Bangun Jargas di 4 Kota


Dirjen Migas Kementerian ESDM A. Edy Hermantoro mengungkapkan, hingga saat ini jargas yang telah rampung pembangunannya mencapai 13 kota, antara lain Palembang, Surabaya, Tarakan. Depok, Bekasi, Sidoardjo, Sengkang, Rusun Jabotabek, Bontang, Cirebon, Bogor, Jambi dan Prabumulih. Sementara Sorong, Subang, Ogan Ilir dan Blora, masih dalam proses pembangunan.

Untuk tahun 2014, jaringan gas untuk rumah tangga akan dibangun di Batam, Bulungan, Buleleng, Bekasi, Semarang dan Sidoardjo.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas nasional Kementerian ESDM. Badan usaha tidak tertarik membangun jaringan ini karena tidak ada keuntungan dalam pengelolaannya. Saat ini, pengelolaan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga menggunakan mekanisme penyertaan modal negara (PNM) kepada BUMN.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi dapat dilaksanakan terutama untuk kota-kota atau daerah yang dekat dengan sumber gas. Terutama diprioritaskan bagi daerah yang telah ada jaringan transmisi gas bumi karena akan meringankan pembiayaan yang berasal dari APBN. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.