Tahun 2012, Jargas Rumah Tangga Akan Dibangun di 4 Kota

Menurut rencana, di tiap kota tersebut akan dibangun sekitar 4.000 sambungan rumah atau total sekitar 16.000 sambungan rumah.

Sementara untuk tahun ini, pemerintah membangun jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Bontang, Sengkang, Rusun Jabodetabek, Bekasi tahap II dan Sidoardjo tahap II, sebanyak 25.000 sambungan rumah.

Sedangkan untuk tahun 2013, rencananya akan dibangun di Sorong, Subang, Lhokseumawe dan Balikpapan. Tahun berikutnya, jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga akan dibangun di Samarinda, Muara Enim, Lampung dan Semarang.

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga dibangun pemerintah sejak 2009 di Palembang dan Surabaya. Melalui program ini, diharapkan dapat mempercepat pengurangan penggunaan minyak tanah untuk rumah tangga sehingga dapat membantu terwujudnya kemandirian energi. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh energi yang murah, bersih dan aman.

Pemerintah membangun jaringan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga karena badan usaha tidak tertarik membangun akibat minimnya keuntungan dalam pengelolaannya. Di masa mendatang, diharapkan badan usaha swasta dapat berperan serta dan mewujudkan menjadi kota gas.

Program pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga ini dibangun di kota-kota atau daerah yang dekat dengan sumber gas bumi dan memiliki jaringan transmisi gas bumi.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.