TKDN Migas Dinaikkan


Komitmen untuk menambah tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) melalui BUMN tersebut disepakati dalam rapat antara Meneg BUMN Sofyan A Djalil dengan Dirjen Migas Departemen ESDM dan Kepala BPMIGAS, Rabu (14/1) di Jakarta. Rapat tersebut dihadiri pula oleh sejumlah direksi BUMN karya dan strategis.

"Saat ini tingkat kandungan lokal dalam pendukung industri hulu migas mencapai 58%. Pemerintah ingin bisa lebih tinggi dengan memberi kesempatan kepada BUMN," kata Sofyan.

Sejumlah BUMN sudah terlibat dalam proyek-proyek di hulu migas, antara lain sebagai penyedia pipa, kompresor, konstruktor anjungan pengeboran dan pelaksana perawatan alat-alat produksi. Namun kebanyakan masih berupa kontrak jangka pendek.

Kepala BPMIGAS R Priyono mengatakan, pihaknya akan membuka kesempatan kepada BUMN untuk mendapatkan kontrak jangka panjang. Caranya, dengan menyesuaikan aturan-aturan pengadaan di BPMIGAS.

"Dengan cara itu, nilai tingkat kandungan lokal barang dan jasa dalam kegiatan produksi migas tahun 2009 ditargetkan bisa meningkat 50%. Tahun lalu nilainya sekitar US$ 2-3 miliar," papar Priyono.

Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo mengatakan, upaya meningkatkan porsi kandungan lokal sekaligus untuk membantu BUMN yang terkena dampak krisis ekonomi global.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.