Suyartono Dapat Satyalancana Wira Karya

Suyartono memperoleh penghargaan itu atas keberhasilannya menyusun 3 buku yaitu Paradigma Lingkungan Minyak dan Gas Bumi, Good Mining Practice dan Hidup dengan Batu Bara dan Kebijakan Hingga Pemanfaatan.

Buku-buku tersebut dinilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat memberikan inspirasi bagi pemerintah, pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kekayaan tambang dan migas secara efektif dan efisien.

Selain Suyartono, penerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya lainnya adalah Dr.Ir.R.Sukhyar; Drs. Tubagus Haryono SE, MM; Ir. R.Priyono; Dr. Ir. Kardaya Warnika; Teguh Pamudji,SH,MM; Dr. Abdul Muin; Sutisna Prawira, SH; Prof. Dr. Suprajitno Munadi; Prof, Drs. M.Udiharto; Dr. Sri Kadarwati, M.Sc; Ir. Agus Sampurno; Ir. Murtaqi Syamsudin, MBA; Wahidin Sitompul dan A. Budiman Bachrulhayat,MM.

Menteri ESDM juga menyematkan Satyalancana Pembangunan kepada Ir. Fahmi Mohtar,MM; Ir. IG. Ngurah Adnyana, MT dan Ir. Syarifuddin Ibrahim.

Dalam sambutannya pada acara yang berlangsung hikmad tersebut, Menteri ESDM mengemukakan, seiring bergulirnya waktu, tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia juga mengalami perubahan. Jika dulu pahlawan bangsa berjuang dengan mengorbankan jiwa dan raga, maka bangsa Indonesia saat ini berjuang di sektor masing-masing mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa.

Dikatakannya, beberapa keberhasilan telah dicapai sektor ESDM beberapa tahun terakhir, salah satunya reformasi dan restrukturisasi sektor migas. Reformasi dan restrukturisasi sektor migas dilakukan dengan memisahkan antara "pemain" dan "wasit" sehingga sektor migas yang dahulu diserahkan sepenuhnya ke Pertamina, saat ini telah dibuka untuk "pemain" lain.

Purnomo juga menekankan perubahan mekanisme subsidi dari subsidi harga ke subsidi langsung. "Rakyat masih membutuhkan subsidi, namun akan kita dorong ke perubahan paradigma subsidi harga ke subsidi langsung dengan tetap memperhatikan kondisi sosial politik yang berkembang," katanya.

Pada akhir sambutannya, Purnomo mengharapkan agar prestasi Departemen ESDM dapat terus ditingkatkan, terutama dalam meningkatkan kontribusi penerimaan negara, investasi dan pembangunan desa terpencil melalui listrik pedesaan dan infrastruktur pendukungnya.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.