Stakeholder Diminta Tingkatkan Produktivitas SDM Indonesia

“Saya mengajak kaum pengusaha di sektor ESDM, untuk terlibat lebih aktif dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja Indonesia, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, baik di daerah penghasil maupun di daerah padat penduduk, guna ikut mengangkat taraf kehidupannya,” ujar Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh pada acara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke 66 di TMII, pekan lalu.

Menurut Darwin, dengan SDM yang lebih produktif, akan lebih mampu membeli energi. Sehingga, APBN yang saat ini dipakai  untuk mensubsidi, dapat digunakan untuk pembangunan sumber daya berkelanjutan maupun infrastruktur yang lebih diperlukan.

Sumbangan sektor ESDM kepada APBN masih yang terbesar, lanjut Darwin, berkisar antara 30 hingga 40% setiap tahun. Namun, sekitar 20% dari APBN dikeluarkan kembali untuk subsidi energi. Besarnya subsidi itu mengindikasikan setidaknya dua hal, biaya produksi yang relatif belum cukup rendah dan kenyataan bahwa daya beli sebagian besar rakyat yang masih rendah.

“Inilah yang menjadi kewajiban kita bersama di sektor ESDM, baik itu pemerintah, pengusaha maupun wakil rakyat. Ke depan kita harus bisa mentransformasikan beragam kekuatan alam  Indonesia dalam sumber daya alam dan mineralnya menjadi sumber daya manusia yang handal, lebih produktif dan berdaya beli,” tegasnya.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.