Seminar Nasional Casindo dan Pertemuan Tahunan Pengelolaan Energi Nasional


Seminar Casindo yang mengembil tema: Rancangan Kebijakan Energi Nasional dan Daerah, merupakan kerjasama antara Kementerian ESDM dengan Pemerintah Belanda melalui Program Casindo (Capacity development and strengthening for energy policy formulation and implementation of sustainable energy project in Indonesia) yang bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan, melalui peningkatkan kemampuan daerah dalam penyusunan formulasi perencanaan energi dan mengimplementasikan kebijakan energi baik Nasional dan Daerah.

 

“Seminar ini merupakan sarana bagi daerah yang tergabung dalam Program Casindo untuk memaparkan hasil-hasil yang diperoleh selama program ini dijalankan,” kata Waryono.

Program Casindo telah berjalan sejak Juni 2009 dan akan berakhir pada 31 Desember 2011 dengan mendapat pembiayaan dari SenterNovem  yaitu sebuah agensi dalam Kementerian Perekonomian Belanda sebagai bagian dari verja sama di bidang energi antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Belanda. Fokus dari Program Casindo adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui program pelatihan untuk universitas dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di lima propinsi  yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Barat.

 

“Diharapkan dengan program ini, akan memungkinkan pemerintah daerah untuk merumuskan dan menerapkan rencana energi di daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Pertemuan Tahunan Pengelolaan Energi Nasional

Sementara itu, Pertemuan Tahunan Pengelolaan Energi Nasional 2011 mengambil tema: Peningkatan Peran Potensi Energi Daerah dalam Pertumbuhan Ekonomi. Tujuannya, sebagai sarana komunikasi dan koordinasi dengan berbagai para pemangku kepentingan dalam mengembangkan potensi energi unggulan daerahnya masing-masing, termasuk dari sisi pembiayaan. Optimalisasi potensi energi daerah ini diharapkan menjadi satu rangkaian dari perencanaan energi daerah yang terintegrasikan dengan kebijakan energi nasional yang ditujukan untuk memacu pertumbuhan ekonomi setempat.

Topik yang akan dibahas oleh para pembicara antara lain tentang pemanfaatan dan pengembangan panas bumi, biofuel, biobriket, limbah sampah dan minyak jelantah sebagai sumber energi alternatif serta peluang pembiayaan perbankan untuk pengembangan energi alternatif.

 

Pertemuan ini diharapkan dapat  menjadi sarana berbagi pengalaman (knowledge sharing) sehingga dapat memberikan ide dan masukan bagi daerah-daerah yang memiliki banyak potensi energi alternatif namun belum dapat fokus dan maksimal dalam pengembangannya diakibatkan kendala yang ada.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.