Seleksi Pejabat, Menteri ESDM Bentuk Tim Khusus


“Saya sudah membuat tim di UI untuk mengecek siapa (pejabat ) eselon III yang pantas menjadi eselon II dan seterusnya,” kata Jero Wacik dalam sambutannya pada pelantikan 11 pejabat eselon II di lingkungan Kementerian ESDM, beberapa hari lalu.

 

Dikatakan, semakin ke atas atau tinggi jabatan, maka semakin kecil peluang untuk mendapatkannya. Hanya orang-orang yang memenuhi syarat saja, yang dapat naik jabatan atau mendapat promosi.  Sejumlah persyaratan untuk memperoleh promosi, antara lain integritas, kapabilitas, acceptances dan usia.

 

Secara umum, lanjut Wacik, dirinya tidak banyak melakukan intervensi dalam rapat kenaikan pangkat. Kemunculannya sekali-kali ketika rapat dilaksanakan, hanya untuk mengetahui atau melihat situasi.

 

“Tidak dilarang bagi dirjen atau sekjen mengusulkan seseorang. Tapi terbuka (kesempatan) bagi dirjen-dirjen lain untuk berdebat. Pilihlah yang terbaik untuk bangsa,” tambahnya.

 

Wacik menegaskan, keputusan kenaikan pangkat bukanlah harga mati. Meski pejabat yang bersangkutan telah dilantik atau diambil sumpahnya, namun kemudian diketahui keputusan tersebut keliru, maka ia tidak akan segan-segan menggantinya dengan pejabat baru.

 

Mengakhiri sambutannya, Wacik mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik. Ia berharap mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.