Segera Disusun, Buku Putih DME

Buku putih tersebut, menurut Dirjen Migas Departemen ESDM Evita H. Legowo, Selasa (5/1), berisi pelbagai hal mengenai DME, termasuk hasil penelitian yang dilakukan Lemigas dan PT Pertamina.

 

“Buku putih ini berisi banyak hal mengenai DME, mulai dari proses di hulu, karakteristik dan kinerja DME sebagai campuran LPG untuk bahan bakar kompor rumah tangga. Buku ini merupakan bahan usulan dari Menteri ESDM ke pemerintah untuk dibahas lebih lanjut,” kata Evita.

 

DME adalah senyawa organik dengan rumus kimia CH3OCH3 yang dapat dihasilkan dari pengolahan gas bumi, batu bara dan sumber-sumber lain yang pemanfaatannya untuk bahan bakar. Sejumlah negara yang telah memanfaatkan DME sebagai bahan bakar adalah China dan Jepang.

 

Untuk Indonesia, diusulkan pemanfaatan DME sebagai blending dan subsitusi LPG sehingga dapat mengurangi impor LPG. Bahan baku DME yang potensial untuk dimanfaatkan adalah batu bara. Berdasarkan Blueprint Pengelolaan Energi Nasional 2005-2025, cadangan batu bara tercatat 19,3 miliar ton yang dapat dimanfaatkan hingga 147 tahun.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.