Rudi Rubiandini Bersyukur Mendapat Amanah Sebagai Wamen ESDM

“Semoga ini memberi manfaat kepada bangsa, menjadi amal bagi saya dan Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan kemudahan sehingga yg saya kerjakan membawa kebaikan bagi bangsa Indonesia,” kata Rudi kepada wartawan, kemarin, usai Presiden SBY mengumumkan penunjukan dirinya sebagai Wamen ESDM.

Lebih lanjut ia mengemukakan, banyak hal yang telah dilakukan Menteri ESDM Jero Wacik bersama almarhum wamen terdahulu, untuk perbaikan sektor ESDM  dan hingga saat ini masih berlangsung. Namun,  dirinya masih bisa berkontribusi untuk tujuan yang sama, antara lain mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur seperti kilang dan pipa gas.

”Kapasitas kilang kita sangat terbatas.  Kalau ada kilang yang rusak, maka sebagian minyak yang kita produksikan tidak akan bisa diolah di dalam negeri. Dengan demikian, kita membutuhkan tambahan kilang untuk semakin meningkatkan kehandalan kita,” katanya.

Infrastruktur pipa untuk menyalurkan gas dari sisi hulu ke hilir, juga dinilainya masih terbatas. Padahal, keberadaan pipa dibutuhkan untuk menyukseskan program konversi BBM ke BBG.

”Pipa dibutuhkan untuk menyambungkan sumber gas di satu daerah ke konsumen di daerah lain,  utamanya di Pulau Sumatra dan Jawa sehingga membutuhkan jaringan pipa yang tersambung menyeluruh. Pipa juga dibutuhkan untuk menghubungkan satu pulau  ke pulau lain,” tambahnya.

Rudi juga menekankan pentingnya diversifikasi energi. Ketersediaan energi non fosil harus cukup memberikan rangsangan bagi konsumen agar mampu bersaing dengan sumber energi migas. Bentuk rangsangan, misalnya dalam bentuk penetapan harga jual yang tidak terlalu berbeda dengan migas, sehingga masyarakat memiliki kesadaran dan keinginan yang cukup tinggi untuk mau menggunakan energi non migas tersebut.


Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.