Produksi Gas Lapangan North Belut Capai 265 MMSCFD

“Pencapaian ini sangat menggembirakan karena ikut mendukung upaya pencapaian target produksi nasional,” kata Priyono pada acara perayaan produksi pertama Lapangan North Belut di Hotel Mulia, kemarin.

Dia menjelaskan, realisasi proyek ini terkait dengan pengembangan 17 lapangan minyak dan gas di kawasan Blok B kontrak kerja sama (KKS) Laut Natuna Sea. Selama masa konstruksi, proyek tersebut berhasil membuka kesempatan kerja bagi sekitar 5.000 orang tenaga kerja, sehingga membantu pengembangan ekonomi.

Produksi lapangan North Belut masih bisa ditingkatkan hingga puncak produksi sebesar             315 juta kaki kubik per hari dan 30 ribu barel per hari. Gas dari North Belut diproyeksikan memenuhi 50 persen kebutuhan penjualan ke Malaysia. Perjanjiannya telah ditandatangani Maret 2001 lalu.

Sejumlah Proyek Siap Diresmikan

Selain Lapangan North Belut, sejumlah proyek juga direncanakan akan diresmikan pada awal Februari mendatang yaitu proyek Tunu Phase 11 dan Phase 12 milik kontraktor Total E&P Indonesie di Delta Mahakam, Kalimantan Timur. Kedua proyek tersebut diproyeksikan memproduksi gas sebesar 630 juta kaki kubik per hari dengan rencana investasi senilai US$ 663 juta.

Selain itu, proyek Seturian Surface Facilities di Kalimantan Timur yang dikelola Chevron Indonesia Company segera diresmikan. Dengan design produksi sebesar 35 juta kaki kubik per hari, Chevron direncanakan mengeluarkan dana sebesar US$ 22,2 juta. Lapangan Oyong Phase 2 yang dikelola Santos di Selat Madura dan Pasuruan Jawa Timur juga mulai berproduksi. Dengan rencana investasi US$ 58 juta, Santos diproyeksikan akan berproduksi hingga 80 juta kaki kubik per hari.

Terakhir, proyek Oil Treating Facilities dan LNG Facilities yang dikelola Hess di Gresik, Jawa Timur. Dengan rencana anggaran senilai US$ 165,7 juta, Hess direncanakan akan berproduksi sebesar 25 ribu barel per hari dan LPG sebanyak enam ribu barel per hari.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.