Presiden Resmikan 4 Proyek Energi Senilai US$ 3,977 Juta


Ke empat proyek yang diresmikan adalah Pipa Transmisi Gas Sumatera Selatan-Jawa Barat (South Sumatera-West Java (SSWJ) Gas Transmission Pipeline) dengan total investasi US$ 1,357 juta, Proyek Pembangunan LNG dan gas Donggi-Senoro di upstream dan downstream dengan total investasi US$ 2,007 juta,  Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Cilegon dengan investasi US$ 345 juta  dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tarahan dengan investasi US$ 268 juta. 

 

Proyek SSWJ dilaksanakan oleh PT PGN dan Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Sebanyak 34% investasi dibiayai oleh Pemerintah Jepang dalam bentuk special yen loan melalui JBIC dan sisanya melalui dana pinjaman komersial PGN yaitu euro bond 1 & 2, dana Initial Public Offering (IPO) serta dana internal PGN.

 

Jaringan pipa SSWJ berkapasitas 1,2 BCFD dan meliputi jalur Pagardewa-Labuhan Maringgai-Cilegon sepanjang 375 km serta jalur offshore Labuhan Maringgai-Muara Bekasi sepanjang 164 km. Saat ini, proyek SSWJ sudah mulai mengalirkan gas ke industri di Pulau Jawa.

 

Proyek pembangunan LNG dan gas Donggi-Senoro dilaksanakan oleh PT Pertamina, PT Medco Energi dan Mitsubishi Corporation. Investasi untuk upstream mencapai US$ 840 juta dengan perincian di lapangan Matindok senilai US$ 366 juta dan Lapangan Senoro US$ 474 juta. Untuk  downstream US$ 1,167 juta.

 

Konstruksi kilang LNG Senoro akan dimulai tahun 2008 dengan target produksi 2010. Dari kilang ini diharapkan dapat dihasilkan 2 juta ton LNG per tahun. Gas akan dikirim ke Jepang dengan Mitsubishi Corporation sebagai off taker.

 

PLTGU Cilegon dilaksanakan oleh PT PLN dan Mitsubishi Corporation dengan dana JBIC. Proyek ini diharapkan dapat memulai operasi secara komersial pada pertengahan Agustus 2007.

 

Sedangkan PLTU Tarahan dilaksanakan oleh PT PLN, Marubeni Corporation, Mitsui Miike dan Alsthom Power. Proyek yang dibiayai oleh JBIC ini, kini masuk tahap uji coba dan ditargetkan beroperasi pada September 2007.

Selain meresmikan empat proyek energi, Presiden SBY dan PM Shinzo Abe juga menandatangani kesepakatan kerja sama ekonomi (Economic Partnership Agreement/EPA) antara Indonesia dan Jepang. (Copyright by Ditjen Migas)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.