Potensi CBM dan Infrastruktur Gas

Sementara untuk Kalimantan bagian timur dan selatan, berdekatan dengan infrastruktur LNG. Jika LNG receiving terminal di Jawa Barat dan Sumatera Utara selesai dibangun pada 2011, maka peluang untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di daerah serta di Jawa cukup terbuka.

Demikian dipaparkan Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas A. Edy Hermantoro di IndoCBM, kemarin.

Edy mengharapkan, infrastruktur gas yang telah dan akan tersedia itu dapat menarik investor mengembangkan CBM.  Harapan itu semakin besar karena berdasarkan  Outlook for Energy a View to 2030 yang dikeluarkan ExxonMobil, baik di Amerika Serikat, Eropa maupun Asia Pasifik, perkiraan pemenuhan kebutuhan gas bumi conventional akan semakin menurun, sedangkan unconventional termasuk CBM akan meningkat.

”Khusus untuk Asia Tenggara, terdapat peluang untuk pemenuhan gap kebutuhan gas bumi yang diperkirakan akan terjadi sejak 2011, sehingga diperlukan suatu usaha yang sangat intensif, baik peningkatan produksi conventional gas maupun penemuan cadangan-cadangan gas baru termasuk diantaranya CBM,” tambah Edy.

CBM telah diusahakan secara komersial di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, China dan Australia. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Pemerintah, kondisi pengusahaan CBM di Indonesia lebih mendekati ke Powder River Basin USA dimana tingkat kematangan batu bara berada pada sub-bituminus.

Untuk Indonesia, CBM berada di cekungan Sumatera Selatan (183 TCF), Barito (101,6 TCF), Kutei (89,4 TCF) dan Sumatera Tengah (52,5 TCF) untuk kategori high prospective. Cekungan Tarakan Utara (17,5 TCF), Berau (8,4 TCF), Ombilin (0,5 TCF), Pasir/Asam-Asam (3,0 TCF) dan Jatibarang (0,8) memiliki kategori medium. Sedangkan cekungan Sulawesi (2,0 TCF) dan Bengkulu (3,6 TCF) berkategori low prospective.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.