Pipa Arun Belawan Belum Rampung

“Kalau sesuai jadwal, harusnya sudah selesai agar regasifikasi Arun bisa jalan,” kata Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM Naryanto Wagimin di Gedung Plaza Centris, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/11).

Pipa Arun Belawan ini rencananya akan mengangkut gas hasil regasifikasi Arun untuk memenuhi kebutuhan PLN dan industri di Aceh dan Sumatera Utara. Pipa ini berkapasitas 300 MMSCFD.

Menurut Naryanto, salah satu permasalahan dalam proyek Arun Belawan ini adalah masalah tarif yang akan ditetapkan oleh Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan. Ia mengharapkan agar tarif tersebut tidak terlalu mahal karena termasuk salah satu aset negara.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Heri Poernomo menambahkan, terkait pipa Arun Belawan, PT Pertagas akan segera mengajukan Izin Niaga sementara kepada Menteri ESDM yang nantinya akan diteruskan kepada Dirjen Migas.

Proyek pipa Arun Belawan ini terintegrasi dengan proyek Arun LNG Storage & Regasification Terminal yang berkapasitas 400 MMSCFD atau setara dengan 3 juta ton per tahun. Saat ini, proyek tersebut memiliki komitmen pasokan gas sebanyak 120 MMSCFD yang dialokasikan untuk PLN. (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.