Perusahaan Indonesia dan Thailand Segera Bangun Komplek Petrokimia Kelas Dunia

Dalam HoA tersebut, disepakati kerangka kerja sama antara kedua perusahaan untuk melaksanakan studi kelayakan lebih detail sebagai tahap pengembangan bisnis ke depan serta pendirian perusahaan patungan antara Pertamina dan PTT Global Chemical.

“Melihat prospek bisnis petrokimia di Indonesia dan potensi yang sangat besar untuk mengintegrasikan bisnis pengolahan dan petrokimia, kami menargetkan bisnis petrokimia sebagai salah satu pilar inti pertumbuhan Pertamina. Kami juga telah memilih PTT Global Chemical untuk membantu pengembangan proyek yang menjadi prioritas tinggi bagi kami mengingat PTT Global Chemical telah memiliki kapabilitas terbaik serta reputasi global di bidang petrokimia” ujar Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan.

Ditambahkan Karen, estimasi nilai investasi proyek ini  sebesar US$4-5 miliar yang  terdiri dari kilang Olefin dan Polymer berskala dunia.

Pendirian Perusahaan patungan untuk proyek ini diharapkan selesai pada akhir 2013 sehingga pekerjaan rekayasa dan konstruksi bisa segera dimulai. Adapun, operasi komersial dari kilang-kilang tersebut ditargetkan paling lambat tahun 2018.

Investasi ini, menurut Anon Sirisaengtaksin, CEO PTTGC,  sejalan dengan aspirasi pertumbuhan PPT Global Chemical dalam memperkuat bisnis inti, selain melebarkan jejak langkah di Asia Tenggara serta membuka kesempatan kerjasama yang lebih luas antara Pertamina dengan PPT Grup di masa mendatang.

Pertamina saat ini mengoperasikan 6 unit pengolahan di seluruh Indonesia, dengan total kapasitas produksi hingga 1 juta barrel minyak mentah setiap hari. Sehingga sebagai pemilik aset kilang terbesar ke 5 di Asia Tenggara, Pertamina memiliki potensi yang sangat besar dalam mengintegrasikan bisnis kilang dan petrokimia. Hal ini akan memberi nilai tambah terhadap pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Berbagai keunggulan tersebut menjadikan Pertamina bertekad untuk dapat menjadi pemain utama tidak hanya di Indonesia namun juga di kawasan regional.

PTT Global Chemical merupakan perusahaan petrokimia PTT Grup dengan total kapasitas produksi 8,45 juta ton per tahun dan kapasitas penyulingan minyak mentah hingga 280.000 barel per hari. PTT Global Chemical saat ini terus mengembangkan bisnisnya secara spesifik dalam bisnis petrokimia melalui beberapa akuisisi di mancanegara.(Tursilowulan)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.