Pertamina dan PLN Kerja Sama Bangun 8 Mini LNG


Untuk tahap I pada tahun 2012, proyek yang akan dibangun berlokasi di Tanjung Batu, Samarinda (Kaltim), Batakan, Balikpapan (Kaltim), Pasanggaran (Bali), Pomala, Kendari (Sulawesi Tenggara). Volume gas untuk masing-masing mini LNG berkisar antara 15-30 MMSCFD.

Pada tahap II tahun 2013, rencananya akan dibangun 2 proyek yaitu di Mataram (NTB) dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dengan volume gas sekitar 6-15 MMSCFD. Sementara pada tahap III pada 2015, proyek akan dibangun di Gorontalo (Sulawesi Utara) dan Halmahera (Maluku Utara).

Kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi strategis kedua perusahaan dalam pengembangan infrastruktur jaringan teransportasi gas Indonesia bagian Timur dan diharapkan dapat memberi kontribusi dalam penghematan biaya pembangkitan listrik dan menurunkan subsidi Pemerintah sebagai antisipasi meningkatnya harga BBM akhir-akhir ini.   

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, “Saya harapkan hal ini juga merupakan jaminan kepastian pasokan gas di wilayah operasi PLN di Indonesia Timur dan sebagai bagian dari sistem bisnis gas yang lebih terintegrasi untuk kepentingan PLN.”

Proyek Mini LNG ini juga merupakan realisasi dari Perjanjian Pengembangan Bersama tahun yang ditanda tangani oleh Pertamina dan PLN pada tanggal 29 November 2010 dan merupakan  Komitmen Pertamina untuk menjamin suplai energi dan ketahanan energi di domestik khususnya di Indonesia Timur. Mini LNG merupakan solusi moda transportasi gas di Indonesia Timur yang tersebar sehingga tidak dapat dilakukan dengan menggunakan pipanisasi seperti halnya di Indonesia Bagian Barat.

Selain untuk pembangkitan listrik untuk PLN, pasokan gas juga akan dipergunakan untuk bahan bakar gas untuk pembangkitan listrik  pada PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk yang berlokasi di Pomala Sulawesi Tenggara sebagai pengganti BBM.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.