Pertamina-Pelindo Kaji Kerja Sama Pembangunan Kilang

Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan pada acara penandatanganan kerja sama tersebut, kemarin, mengemukakan, masalah ketahanan energi nasional ke depan perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius sehingga sinergi antar BUMN sangat penting untuk mengatasi permasalahan supply chain energy nasional.

"Sebagai perusahaan yang sama-sama dimiliki oleh negara, sudah sepantasnya di antara sesama BUMN mampu bekerjasama lebih optimal sehingga dapat memberikan nilai tambah untuk BUMN tersebut secara khususnya dan Indonesia secara umumnya." ujar Karen.

 

Selain kilang, kerja sama lain yang juga tengah dikaji dua BUMN tersebut adalah pembangunan bunker BBM di Pelabuhan Tanjung Priok, kerja sama pemanduan dan penundaan kapal serta rencana pengembangan terminal LPG di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo II.

 

Pertamina EP Percepat Pengeboran Sumur

 

Sementara itu, PT Pertamina EP memulai tradisi baru dengan melakukan pengeboran eksplorasi pada tanggal 1 Januari 2010 di sumur eksplorasi Pondok Makmur. Sumur eksplorasi tersebut adalah sumur kelima yang dibor di lokasi Pondok Makmur dengan tujuan mengkonfirmasi besarnya cadangan minyak di wilayah tersebut. Sebelumnya, Pertamian EP telah berhasil menemukan cadangan minyak dan gas di area Pondok Makmur.

 

Direktur Ekplorasi dan Pengembangan PT Pertamina Syamsul Alam mengemukakan, pemboran sumur tersebut merupakan upaya percepatan penemuan cadangan baru. Konfirmasi cadangan di wilayah eksplorasi merupakan kegiatan lanjutan setelah ditemukannya kandungan hidrokarbon.

 

Pada tahun lalu, Pertamina EP berhasil melaksanakan 18 pemboran sumur eksplorasi yang meliputi 9 pemboran sumur eksplorasi baru atau wildcat, 7 sumur deliniasi dan 2 sumur re-entry. Dari 18 sumur tersebut, 12 diantaranya telah menunjukkan kandungan minyak dan gas yang cukup signifikan.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.