Perpanjangan Kontrak Blok Mahakam Tidak Selesai Tahun Ini

“Nggak bisa tahun ini kelarnya. Prosesnya masih agak banyak,” ungkap Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo di Kementerian ESDM, kemarin.

Ia menjelaskan, masa kontrak Blok Mahakam baru akan berakhir pada 2017. Karena itu, pemerintah lebih mendahulukan memproses kontrak kerja sama yang akan berakhir dalam waktu dekat. Saat ini, pemerintah masih dalam tahap mengevaluasi permintaan perpanjangan kontrak Blok Mahakam tersebut.

“Kita masih lihat, evaluasi,” katanya.

Menurut Evita, masih banyak hal yang harus dibicarakan terkait perpanjangan kontrak  Blok Mahakam. Hal-hal yang prinsip, belum lagi dibicarakan kedua belah pihak.

Beberapa waktu yang lalu, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengemukakan bahwa pemerintah ingin memperbesar peran PT Pertamina di Blok Mahakam. Diharapkan sebelum kontrak berakhir, BUMN itu sudah dapat masuk ke blok tersebut.

Darwin mengatakan, pada prinsipnya, blok migas yang kontraknya telah berakhir, kembali menjadi milik negara. Meski demikian, sebelum kontrak berakhir, pihak operator dimungkinkan untuk mengajukan perpanjangan. Ini juga berlaku untuk Blok Mahakam.

Jika Total E&P yang saat ini mengelola Blok Mahakam mengajukan permintaan perpanjangan kontrak kerja sama, lanjutnya,  pemerintah memiliki sejumlah pertimbangan. Salah satunya adalah Total memiliki kontribusi yang besar terhadap produksi minyak nasional. Produksinya di atas target yang telah ditetapkan. Namun demikian, jika kontrak tersebut diperpanjang, pemerintah ingin peran Pertamina diperbesar. Jika hal ini tidak disetujui, maka Pertamina siap mengoperasikan sendiri blok tersebut.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.