Perpanjangan KKS Diharap Jamin Pasokan Gas Domestik


Hal itu disampaikan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dalam sambutannya pada acara penandatanganan perpanjangan KKKS Blok South Sumatera, Blok A Aceh, Blok Bawean dan Blok Madura Strait di Kementerian ESDM, kemarin petang.

 

Darwin mengemukakan, komitmen pemerintah untuk mendedikasikan bagi kebutuhan domestik terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian ESDM, sekitar 50,3% produksi gas Indonesia diperuntukkan untuk domestik. Sementara jika berdasarkan perjanjian jual beli gas, sekitar 65% gas diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan domestik.

 

“Kalaupun belum bisa lebih optimal, itu merupakan masalah infrastruktur yang perlu waktu untuk merealisasikannya,” tambah Darwin.

 

Gas bumi yang diproduksikan dari Blok South Sumatera sebesar 128 MMSCFD akan digunakan untuk memenuhi pasokan gas bumi pabrik pupuk PT Pusri dan pembangkit listrik di Sumatera Selatan.  Sedangkan gas yang diproduksikan dari Blok A Aceh sebesar 110 BBTUD akan digunakan untuk memenuhi pasokan gas bumi unyuk PT Pupuk Iskandar Muda dan PLN Aceh.

 

Sementara gas yang dihasilkan dari Blok Maruda Strait sebesar 100 MMSCFD akan digunakan untuk untuk memenuhi pasokan gas bumi ke PLN Jawa Timur serta industri yang berada di wilayah Jawa Timur.

 

Terhadap KKKS yang kontraknya baru saja diperpanjang, Darwin meminta agar tidak hanya melakukan eksplorasi dan eksploitasi di wilayah kerjanya, tetapi dapat diperluas pada wilayah kerja lain yang ditawarkan pemerintah. Tujuannya, agar dapat meningkatkan produksi migas nasional.

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.