Perlu Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Bangun Infrastruktur Pipa

“Kolaborasi antara pemerintah dan swasta, sangat penting untuk mendukung pembangunan infrastruktur pipa,” kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh ketika membuka Indopipe 2010 di Hotel Gran Melia, Rabu (9/6).

Infrastruktur pipa, papar Darwin, akan memungkinkan akses gas alam yang lebih luas sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, industri dan rumah tangga. Sebagaimana diketahui, salah satu tantangan utama pembangunan gas untuk kebutuhan dalam negeri di Indonesia saat ini terkait dengan pemisahan geografis antara sumber daya gas dan pasar gas serta jangkauan infrastruktur gas yang terbatas.

“Akibatnya, kelebihan pasokan di pulau-pulau yang relatif kaya gas tidak dapat diangkut ke pasar domestik besar,” tambah Darwin. 

Pembukaan Indopipe 2010 dihadiri Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo, Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso, Wakil Kepala BPMIGAS Hadianto dan Ketua KADIN Adi Tahir.

Indopipe 2010  membahas sejumlah isu penting dalam pembangunan infrastruktur gas, seperti  kebijakan pemerintah tentang alokasi gas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, rencana induk untuk transmisi gas nasional dan jaringan distribusi, harga kebijakan pasar domestik, akuisisi tanah dan izin serta peraturan pemerintah tentang pungutan harga gas domestik.

Selain itu, dibahas pula mengenai skenario pengembangan infrastruktur gas dunia, tantangan dalam pengembangan infrastruktur pipa, desain dan operasional serta material dan teknologi perpipaan.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.