Peringati Bulan K3 Nasional, Ditjen Migas Gelar Kopi Senja Memulai Hidup Lebih Sehat Di Tahun 2024

Berita


Jakarta – Masih dalam rangka peringatan Bulan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi gelar sharing session bertema kesehatan kerja bertajuk “Kopi Senja: Memulai Hidup Lebih Sehat Di Tahun 2024, Selasa (23/01).

 

Menurut Direktur Teknik dan Lingkungan Migas, Mirza Mahendra bahwa kegiatan ini juga sekaligus overview terkait hasil Medical Check Up (MCU) para pegawai Ditjen Migas yang telah selesai dilaksanakan pada penghujung tahun 2023 lalu.

Dengan Bulan K3 Nasional 2024, dari tanggal 12 Januari sampai tanggal 12 Februari apa tema yang mau dibahas, kemarin kawan-kawan menyatakan, Pak gimana kalau kita bahas hasil MCU,” jelas Mirza lebih lanjut.

Kegiatan sharing session yang dihadiri perwakilan berbagai unit di lingkungan Ditjen Migas tersebut diawali dengan overview pemeriksaan kesehatan ditjen migas oleh dr. Yaasinia Putriassy. Pada kesempatan tersebut dr. Putri menyampaikan bahwa kegiatan MCU yang telah dilakukan memiliki beberapa tujuan dan manfaat antara lain: pertama, mengetahui kondisi kesehatan saat ini, kedua deteksi penyakit yang tidak bergejala, dan ketiga adalah memprediksi risiko penyakit di masa depan dan mendorong beralih ke pola hidup sehat.

Dari hasil overview secara umum, dr Putri menyarankan agar para pegawai di lingkungan Ditjen Migas dapat melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan-pajanan di tempat kerja kepada dokter klinik untuk mendapatkan informasi dan rencana manajemen kesehatan selanjutnya. Selain itu pihaknya juga menyarankan agar para pegawai dapat melakukan pemeriksaan Kesehatan secara berkala 1 tahun sekali.

Pada kesempatan yang sama, hadir sebagai narasumber dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K Dokter Gizi Klinik sekaligus health influencer. Menurut dr. Yohan cara menurunkan lemak tubuh dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti: pengaturan pola makan, olahraga teratur dan modifikasi gaya hidup. Dari semua cara tersebut penurunan berat badan terjadi 80% dari pola makan dan 20% dari olahraga.

 

Di hadapan para pegawai Ditjen Migas, pihaknya juga menyampaikan “Fat Loss Hacks” antara lain: mengganti cemilan dengan buah, makan teratur sesuai jadwal makan, tidak ngemil saat kerja, tambahkan konsumsi protein dan sayur, simpan snack dalam lemari tertutup, kuah makanan tidak dihabiskan, bumbu kacang maksimal 2 sendok makan, hindari minuman manis kemasan, olahraga teratur intensitas sedang, modifikasi gaya hidup, dan yang terpenting komitmen, konsisten dan konsultasi.

 

(RAW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.